Teten Masduki Nilai Indonesia Tidak Perlu Takut Kehilangan Investor

Jakarta, MINA – Menteri Koperasi dan Teten Masduki menilai Indonesia tidak perlu takut kehilangan pasar ataupun investor pasar hengkang dari dalam negeri.

Memiliki masyarakat 200 juta penduduk, Indonesia jadi salah satu pasar terbesar nomor tiga ekonomi digital saat ini.

Market digital kita tuh paling besar nomer 3 se-Asia. Jadi kalau kita mau atur perdagangan kita, mereka tidak bisa hengkang juga. Mereka juga akan kehilangan pasar kalau mereka mau pergi,” kata Teten di Komisi VI DPR RI, Selasa (12/9).

Teten menjelaskan upaya pemerintah dalam menahan laju gempuran barang impor China sudah dilakukan. Meski di era perdagangan bebas saat ini, namun setiap negara pasti memiliki aturan masing masing yang bertujuan melindungi produk dalam negerinya.

Baca Juga:  Wilayah 3T Jadi Prioritas Pembangunan Madrasah

China memiliki aturan yang cukup ketat soal tata niaga ekonomi digitalnya. Pasar digital China didominasi oleh produk lokal, produk asing diseleksi ketat.

Platform dagang daring di China juga terpisah dari platform sosial media. Contohnya, TikTok di China terpisah sebagai sosial media dan sebagai platform dagang. China memiliki aturan yang tergas perihal ini.

“Ekonomi digitalnya tidak membunuh ekonomi lama. Ekonomi digital disana 90 persen dikuasai domestik. Asing hanya 10 persen,” kata Teten. (R/R4/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.