TETO: Penyebab Runtuhnya Jembatan di Taiwan Dalam Penyelidikan

TETO (foto: istimewa)

Jakarta, MINA – Kantor Dagang Ekonomi Taiwan di Indonesia (TETO) mengatakan, penyebab runtuhnya sebuah jembatan di Yilan County, Taiwan pada Selasa (1/10) lalu masih dalam penyelidikan oleh unit terkait.

Setelah kejadian itu, TETO di Indonesia terus melakukan komunikasi dengan bagian terkait di Taiwan, dan menghubungi pemerintah Indonesia dan kantor perwakilan Indonesia di Taiwan.

“Adapun penyebab runtuhnya jembatan, masih dalam penyelidikan oleh unit terkait,” kata TETO saat dihubungi wartawan, Kamis (3/10).

Sebelumnya, Taiwan diguncang topan pada Senin malam (30/9) yang membawa hujan lebat serta angin kencang ke beberapa bagian pantai timur wilayah. Namun, pada saat jembatan runtuh, cuaca baik-baik saja.

Menteri Transportasi Taiwan Lin Chia-lung mengatakan, Jaksa Penuntut telah meluncurkan penyelidikan tentang penyebab insiden itu.

Ia juga menambahkan, jembatan itu masih dalam umur 50 tahun yang diperkirakan masih (layak pakai).

“Kondisi cuaca terkini, gempa bumi dan penilaian jembatan sebelumnya akan dipertimbangkan. Kami akan sepenuhnya bekerja sama dengan penyelidikan,” ucap Menteri Transportasi Taiwan, seperti dikutip dari FocusTaiwan.

Menurut laporan media terkait di Taiwan, musibah jembatan ambruk itu mengakibatkan enam pekerja migran asing meninggal, termasuk tiga Warga Negara Indonesia dan tiga Filipina.

Sementara 10 orang luka-luka (termasuk warga asing dan warga Taiwan). Dua orang yang terlibat dalam penyelamatan juga ikut terluka.(T/Sj/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)