Tiba di Bandara, Empat Jamaah Haji Aceh Dirujuk ke RSUD

Banda Aceh, MINA – Empat orang jamaah haji Aceh kloter 7 terpaksa dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Banda Aceh.

Para jamaah haji dalam kloter 7 yang tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang Aceh Besar, berjumlah 391 orang, mereka berasal dari Kota Langsa, Banda Aceh, dan Aceh Tamiang, Selasa (10/9).

“Ada empat orang jamaah yang kita rujuk ke RSUD Zainoel Abidin untuk mendapat perawatan lanjutan. Lima orang dirawat di klinik asrama haji,” kata Panitia Kesehatan Debarkasi Aceh, dr Maya Sofia.

Sofia menjelaskan, para jamaah yang dirujuk yakni Zulfikar bin M Ali Assaidy (46) asal Banda Aceh yang menderita gagal ginjal kronis (CKD), hipertensi, dan kelebihan kadar gula darah. Kemudian, Mardiana (53) juga Banda Aceh didiagnosa sakit kepala dan hipertensi.

“Rosmawati A Aziz (52) karena demam tinggi dan sesak nafas dan Zaiyah D (55) karena tekanan darah yang melonjak tiba tiba, mereka berdua berasal dari Aceh Tamiang,” katanya.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Aceh, Daud Pakeh mengatakan jamaah kloter 7 tiba di Aceh dengan rincian sebanyak 162 laki lak dan 229 jamaah perempuan. Mereka tiba di Bandara SIM Aceh Besar pada pukul 22.12 WIB.

“Alhamdulillah, jamaah haji kita dari kloter 7 telah mendarat di Bandara SIM. Tidak ada jamaah kita yang wafat, tapi masih ada satu yang dirawat di rumah sakit King Faisal,” katanya.

Hingga kini tercatat sudah 2.730 jamaah haji Debarkasi Aceh kembali ke tanah air, dan tersisa 1.922 jamaah yang masih berada di Arab Saudi. Selama musim haji 2019, tercatat sebanyak 14 jamaah haji Aceh meninggal dunia di Arab Saudi. (L/AP/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)