TIGA DOKUMEN UTAMA KAA SUARA KEBANGKITAN ASIA-AFRIKA

foto: MINA
Foto: MINA

Jakarta, 4 Rajab 1436/4 April 2015 (MINA) – Presiden Republik , Joko Widodo mengatakan, tiga dokumen yakni Dasasila Bandung, Menghidupkan kembali Kerjasama Strategis Baru, dan , adalah suara kebangkitan bangsa-bangsa Asia dan Afrika.

“Ini merupakan suara kebangkitan bangsa-bangsa Asia-Afrika yang tidak bisa tergantikan oleh siapa pun,” kata sesaat sebelum menutup secara KTT yang merupakan rangkaian Peringatan 60 Tahun Konferensi Asai-Afrika (KAA), Kamis (23/4).

Presiden Jokowi menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh Kepala Negara/Pemerintahan, para delegasi, serta perwakilan negara peninjau yang telah bekerja keras sepenuh hati menyusun hasil pertemuan ini secara nyata dan mendorong kerjasama saling menguntungkan untuk menjembati antarnegara Asia dan Afrika.

Dalam penutupan KTT, Presiden RI didampingi Presiden Zimbabwe Robert Mugabe, sebagai ketua bersama seluruh rangkaian KTT selama dua hari ini. Negara-negara Asia-Afrika sepakat untuk tetap menggelorakan Kerjsama Selatan-Selatan, solidaritas dan stabilitas bangsa-bangsa Asia-Afrika.

“Kita juga sepakat membentuk jejaring pusat di perbatasan dan mengecam aksi ekstremisme dan terorisme atas nama agama. Oleh karena itu, kita mendorong dialog sebagai penyelesaiannya,” kata Jokowi.

Selain itu, lanjut Jokowi, KTT juga mendorong perdagangan multilateral yang adil dan pro pada pembangunan, berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi, investasi dan tenaga kerja.

“Saya akan bersama-sama bekerja demi kemakmuran, demi keadilan dan demi keamanan bangsa Asia-Afrika, agar kemitraan strategis Asia-Afrika benar-benar terwujud,” tandas Presiden RI.

Sementara itu, dalam pidato singkat penutupannya Presiden Zimbabwe Robert Mugabe menambahkan tiga dokumen yang dihasilkan adalah refleksi Dasasila Bandung berdasarkan pandangan dan kepentingan bersama. “Kerberhasilan kita menghasilkan tiga dokumen adalah melanjutkan semangat Bandung,” kata Mugabe.(L/P008/R04/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Nidiya Fitriyah

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0