Tiga Pengungsi Suriah Dianggap Pahlawan di Jerman

Leipzig, Jerman, 11 Muharram 1438/12 October 2016 (MINA) – Jerman, Tiga pengungsi Suriah mendapat pujian sebagai pahlawan di Jerman setelah mereka menangkap seorang buronan yang diduga merencanakan serangan bom.

Buronan yang juga sesama pengungsi warga Suriah itu diserahkan kepada polisi di kota timur Leipzig.

Jaber Al-Bakr (22) diikat dan dibawa oleh tiga warga Suriah lainnya yang disiagakan polisi.

Buronan itu ditangkap pada Senin (10/10), hampir dua hari setelah ia menghindari petugas selama serangan di sebuah apartemen yang berjarak sekitar 80km dari tempat polisi menemukan bahan peledak.

Pada Selasa (11/10), Walikota Leipzig Burkhard Jung mengucapkan terima kasih kepada ketiga warga Suriah tersebut. Pejabat berwenang tidak mempublikasikan identitas ketiganya karena alasan keamanan.

“Ini adalah sukses besar melawan terorisme dan menunjukkan bahwa sebagian besar orang asing dan pencari suaka yang tinggal di sini ingin mereka tidak ada hubungannya dengan bentuk orang Islam yang radikal,” kata Burkhard. Demikian Al Jazeera memberitakan yang dikutip MINA.

Penyidik menduga bahwa Bakr, yang telah diberi suaka di negara itu tahun lalu, terkait dengan kelompok Islamic State (ISIS/Daesh).

Tersangka diduga sedang mempertimbangkan untuk menargetkan bandara Berlin.

Muncul kekhawatiran bagi warga tuan rumah atas adanya kemungkinan imigran melakukan serangan, mendorong meningkatnya sentimen anti-asing dalam beberapa bulan terakhir.

Pada bulan Juli, beberapa orang terluka dalam dua serangan yang dilakukan oleh para pencari suaka yang diklaim oleh ISIS. Kedua penyerang tewas. (T/P001/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.