Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Warga Indonesia dari Afghanistan Tiba di Jakarta

sajadi - Sabtu, 21 Agustus 2021 - 06:54 WIB

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 06:54 WIB

2 Views

Jakarta, MINA – Pesawat TNI Angkatan Udara yang mengevakuasi warga Indonesia dari Kabul, Afghanistan, tiba dengan selamat di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta pada Sabtu (21/8) dini hari.

“Alhamdulillah, pesawat TNI AU sudah tiba kembali di Bandara Halim Perdana
Kusuma pada pagi hari ini 21 Agustus 2021,” Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dalam konferensi pers virtual didampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Cahyono.

Menlu menyebut, warga Indonesia yang dievakuasi berjumlah 26 orang, lima warga Filipina dan dua warga Afghanistan.

Namun ia mencatat, satu diplomat dalam kondisi kurang sehat (non-COVID) dan akan segera dilakukan perawatan.

Baca Juga: [BEDAH BERITA MINA] Malam Ini Bahas Krisis Gaza, Bagaimana Peran Dunia

Menlu menjelaskan, semula pemerintah Indonesia berencana untuk tetap melakukan misi KBRI Kabul dengan tim kecil atau tim esensial yang terbatas. Namun demikian di saat-saat terakhir proses evakuasi terjadi perkembangan baru.

Untuk sementara, kata Menlu, operasi KBRI Kabul dilakukan dari Islamabad, Pakistan.

“Satu Kuasa Usaha Sementara, dan tiga home staff akan menjalankan misi Kabul dari Islamabad. Tim kecil ini akan terus melakukan asesmen situasi Afghanistan setiap hari dan menentukan langkah selanjutnya,” ujar Retno.

Menlu RI mengakui, dalam proses evakuasi, ia berkomunikasi beberapa pihak, seperti Menlu Turki, Menlu Norwegia, Belanda, Amerika Serikat dan NATO.

Baca Juga: Cuaca Jakarta Jumat Ini Cerah Berawan

Ia mengatakan, Indonesia terus berharap agar perdamaian dan stabilitas dapat tercipta di Afghanistan.

Indonesia juga terus berharap proses politik yang inklusif, yang afghan-led, afghan-owned, masih memiliki peluang untuk dilakukan demi kebaikan rakyat Afghanistan.

Indonesia terus berharap agar kaum perempuan Afghanistan dihormati hak-haknya dan Indonesia terus berkomitmen untuk membantu menciptakan perdamaian di Afghanistan terutama melalui kerja sama pemberdayaan perempuan. (L/RE1/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Anies Baswedan Akan Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran

Rekomendasi untuk Anda

Sebanyak 40 warga negara Indonesia (WNI) dan satu warga negara asing (pasangan WNI) kembali berhasil dievakuasi dengan selamat dari Lebanon dan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang pada Senin (7/10/2024) (Foto: Infomed Kemlu RI)
Indonesia
Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Rabu (11/9/2024) secara resmi menyerahterimakan warga negara Indonesia (WNI) atas nama SBB kepada keluarga di Jember, Jawa Timur. (Foto: Kemlu RI)
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia