Tim Karate Indonesia Sumbang Empat Medali Emas di Sea Games 2021

Jakarta, MINA – Sebanyak 16 atlet Karate yang berlaga di SEA Games 2021 Vietnam tiba di Indonesia. Tim Karate berhasil membawa pulang 14 medali, diantara 4 Emas, 8 Perak, 2 Perunggu.

Tim Karate dijemput langsung perwakilan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga yang diwakili Asisten Deputi Kemitraan dan Penghargaan Olahraga, Suyadi Pawiro dan jajaran Kemenpora di Bandara Soekarno Hatta, Ahad (22/5).

Hadir pula Wakil Sekretaris Jenderal KOI, Wijaya M Noeradi dan jajaran, perwakilan dari KONI dan PB FORKI.

Mewakili Menpora Zainudin Amali, Suyadi Pawiro mengucapkan selamat datang di Tanah Air kepada para atlet yang sudah berjuang mengharumkan nama bangsa Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam.

“Alhamdulillah, Selamat datang kembali, dan kita berikan applaus yang meriah kepada Tim Karate dengan target 3 emas, kawan- kawan bisa meraih medali 4 emas, melebihi target. Hampir semua atlet memperoleh medali, luar biasa ini,” ujarnya.

Ia berharap torehan prestasi cabang olahraga Karate ini, menjadi contoh bagi cabang olahraga lainnya dimana dengan review yang ketat tapi dapat mempersembahkan medali.

“Ini contoh sukses dari cabor Karate, ternyata semua atlet yang kita pilih mendapatkan medali. Selamat untuk semua atlet, pengurus cabor, selamat untuk kerja bareng. Tentu kita akan persiapan diri untuk SEA Games Kamboja dan Asian Games 2023,” katanya.

Selain itu, Manajer Tim Yusran Arief mengaku bersyukur karena tim karate Indonesia mampu memenuhi target yang diberikan bahkan melampui target dari pemerintah dan PB FORKI. Target yang dikembangkan kepada mereka hanya 3 emas namun prestasi yang dipersembahkan 4 emas, 8 perak dan 2 perunggu.

“Dari awal saya sudah bilang bahwa target karate semua bisa target emas, tidak ada yang tidak target emas, semua berpeluang. Sebab ini olahraha tak terukur, dari 15 atlet yang kita masukan, 12 jadi finalis dan alhamdulillah atlet kita semua dapat medali dan tidak ada yang tangan kosong,” katanya.

Sementara itu, Wasekjen KOI, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kemenpora atas dukungannya dalam penyelenggaraan SEA Games 2021 Vietnam ini. Meskipun sebelumnya penuh dengan ketidakpastian sehingga mempengaruhi proses penganggaran.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Kemenpora, bahwa penyelenggaraan SEA Games tahun ini sangat luar biasa. Kita tahu bahwa SEA Gmaes penuh ketidakpastian, konfirmasi penyelenggaraan SEA Games sendiri baru Desember, dan Kemenpora harus mencari jalan keluar bagaimana kita melakukan pendanaan untuk kegiatan SEA Games ini,” katanya.

Menurutnya, atlet, pengurus cabang olahraga dan federasi nasional pun mengucapkan terimakasih atas komitmen pemerintah untuk mengirim atlet di SEA Games tahun ini.

“Kami ucapkan kembali kepada Kemenpora, kepada federasi nasional yang melakukan pembinaaan pada atlet, kalianlah ujung tombak dari gerakan olimpiade di Indonesia dan tak lupa kepada mitra kami di KONI, kami mengucapkan terimakasih atas kerja samanya karena tim review melibatkan KONI, bukan hanya kami juga ada akademisi dan juga dari Kemenpora” ucapnya. (R/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.