Tim MER-C Berikan Layanan Kesehatan untuk Korban Gempa di Afganistan 

Herat, MINA – Tim Medical Emergency Rescue Committee () atau Lembaga Medis Kegawatdaruratan di sampai di Herat, Afganistan untuk membantu korban gempa.

Gempa Magnetudo 6,3 yang mengguncang Herat, Afghanistan pada Oktober lalu telah menyebabkan lebih dari 2.000 korban jiwa dan ribuan orang luka-luka.

“Keberangkatan ini dalam rangka membantu korban gempa dan menyalurkan amanah bantuan dari rakyat Indonesia dengan nilai total bantuan lebih dari $ 50,000 (Lima puluh ribu USD),” kata pernyataan lembaga MER-C yang diterima MINA, Rabu (3/1).

MER-C memberangkatkan 5 relawan medis ke Afganistan pada Kamis (14/12/2023) yaitu dr. Tonggo Meaty Fransisca, dr. Rio Wikanjaya, SpOT, Ita Muswita, Amd.Keb (Bidan), Ade Andrian, Skep., Ners dan Wirsal Adiansyah Harahap, Skep., Ners.

Mereka tiba dan diterima secara resmi oleh Gubernur Herat di rumah dinasnya pada Sabtu, 23 Desember 2023.

“Dalam pertemuan itu, Gubernur Herat juga memberikan apresiasi atas dukungan dan bantuan yang telah MER-C berikan bagi Palestina dan Pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza. Bahkan apabila MER-C berencana akan membangun Rumah Sakit Indonesia di Herat, Pemerintah Herat akan memberikan tanah secara gratis,” tambah pernyataan MER-C.

Pada Sabtu (30/12), tim MER-C membawa bantuan obat-obatan, perlengkapan musim dingin dan juga makanan di tengah suhu yang cukup dingin, menuju ke lokasi gempa didampingi oleh lembaga kemanusiaan lokal serta pengawalan dari Pemerintah Herat, Afganistan.

“Ada empat desa terdampak gempa terparah yang akan dikunjungi oleh Tim MER-C untuk mendistribusikan secara langsung bantuan dari masyarakat Indonesia,” tambah pernyataan itu.

Menurut warga lokal untuk bantuan dari Indonesia, baru Tim MER-C yang tiba langsung di sana.

Selain bantuan musim dingin yang langsung dibagikan kepada warga dan layanan pengobatan di lokasi gempa. Tim MER-C juga menyerahkan bantuan obat-obatan dan alat USG portable kepada Departemen Kesehatan Herat bertempat di Kantor Pemerintahan Herat.

“Harapannya bantuan ini dapat bermanfaat bagi pelayanan kesehatan bagi warga Herat,” harapnya.

Tim MER-C juga menyempatkan berkunjung ke RS Jami di Herat untuk melihat kebutuhan medis di sana serta mengunjungi panti asuhan untuk sedikit berbagi kepada anak-anak yatim di panti ini berupa fasilitas untuk belajar.

Bagi masyarakat Indonesia yang mendukung dan berdonasi dalam misi Kemanusiaan MER-C untuk Afghanistan dapat disalurkan melalui: BSI (Bank Syariah Indonesia) No. Rek. 701.565.8918 Atas nama Medical Emergency Rescue Committee. (R/R5/B04)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.