TIM ROBOTIK MTSN PAMULANG RAIH MEDALI EMAS ASIAN JUNIOR ROBOCUP

(Dok. Kemenag)
(Dok. Kemenag)

Jakarta, 9 Dzulhijjah 1436/23 September 2015 (MINA) – Tim robotik MTsN Pamulang kembali mengukir prestasi di kancah internasional. Sejumlah medali telah mereka raih pada ajang Asian Junion Robocup (AJR) 2015 yang digelar pada 12-14 September 2015, di International Islamic School (IIS).

Imam Sucipto, Pembina Robotik MTsN Pamulang mengatakan, kegiatan perlombaan yang berskala internasional itu merupakan Joint committee antara Indonesia dan Malaysia, yaitu Robotic Organizing committee Indonesia (ROCI) dan Robotic Organizing Commite Malaysia (ROCM).

“Kita berharap agar tahun-tahun mendatang kompetisi ini bisa diikuti oleh semua negara di Asia Tenggara,” ungkapnya sebagaimana siaran pers Kemenag yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Rabu (23/9).

Baca Juga:  Sebanyak 295 Jamaah asal RI Dibadalhajikan

Pada event AJR ini,  kategori  lomba  yang dikompetisikan  adalah  Line Tracer, Robot Soccer, Super maze Solving, Robot Creative, Maze Game, Aerial Robot, Mission Challenger, Robot Perform. Peserta lomba terdiri dari level SD, SMP, dan SMA. Akan tetapi dalam kategori lomba hanya ada dua yaitu Junior (umur sampai 12 tahun) dan Senior (umur 13 -18 tahun).

“Kami mengirimkan tiga tim. Tujuannya memang bukan untuk menang. Tapi untuk  menanamkan kecintaan sains teknologi pada anak, melatih berpikir logis, sistematis, dan menanamkan kemampuan problem solving,” jelas Imam Sucipto.

Selain itu event tersebut diharapkan menjadi sarana komunikasi dan interaksi antar anak-anak di Asia Tenggara.

Dalam lomba kali ini tim MTsN Pamulang mengirimkan tiga tim. Adapun peroleh medalinya adalah: Medali  emas (Grand Price) Kategori Aerial Robot diperoleh Daffa Maheswara Wiryawan  dan Muhammad Abrar Maulana Haznul; Medali emas (Grand Price) Kategori Robot Perform dipeoleh Tim Robotik MTsN Pamulang; Medali Perak Kategori Super Maze Solving Muhammad Al Thaaf Wirayudha dan Wildan Muhammad Hamizan; Medali  Perunggu  Kategori Mission Challenger Daffa Maheswara Wiryawan  dan Muhammad Abrar Maulana Haznul.; Medali Perunggu Kategori Line Tracer Muhammad Al Thaaf Wirayudha dan Wildan Muhammad Hamizan; Medali Perunggu Kategori Maze Games Bayhaqi Al Haq dan Muhammad Abrar Maulana Haznul.

Baca Juga:  Sebanyak 295 Jamaah asal RI Dibadalhajikan

Pada saat yang sama juga diadakan seminar dan acara Forum Guru Asia. Pada seminar tersebut perwakilan dari Indonesia salah satunya diwakili oleh Imam Sucipto Pembina Robotik MTsN Pamulang.

Hadir dalam acara tersebut Dr. Riza Muhida, MSEE   yang merupakan President ROCI Indonesia yang juga Direktur Research Robotika serta  Chairman Centre Research Intellegent Machine (CRIM) Surya Institute Jakarta dan dihadiri pula oleh Direktur Engineering dari Universitas Internasional Malaya Prof. Dr. Rini Akmeliawati.

Asian Junion Robocup (AJR) 2015 yang diselenggarakan pada 12-14 September 2015, merupakan perlombaan yang kali pertama digelar, diikuti oleh Malaysia, Indonesia, Singapura dan Yaman. (T/P011/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Comments: 0