Timnas Indonesia Raih Agregat 12-0 Usai Taklukkan Brunei

Ramadhan Sananta, striker Timnas Indonesia saat laga melawan Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (12/10/2023). (Gambar: Julio Trisaputra/TVonenews)

Bandar Seri Begawan, MINA – Timnas Sepak Bola Indonesia masih terlalu digdaya saat menghadapi Brunei Darussalam saat leg ke-2 Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan unggul telak 6-0, membuat agregat 12-0 bagi Garuda Muda.

Meski berstatus sebagai tim tamu di Stadion Hassanal Bolkiah pada Selasa malam (17/10), Indonesia langsung menggebrak dengan gol Hokky Caraka Brilliant pada menit ke-6. Skor 1-0 untuk Garuda Muda.

Penguasaan bola yang dominan membawa anak asuh pelatih Shin Tae-yong menggempur area pertahanan tuan rumah berulang kali. Agresi Garuda Muda akhirnya berbuah gol kedua lewat tendangan Egy Maulana Vikri pada menit ke-42. Skor 2-0 bagi Indonesia.

Dua menit kemudian, Hokky mendulang gol keduanya dengan skema yang sama seperti gol pertamanya. Skor 3-0 bagi Rizky Ridho dkk.

Usai turun minum, kembali menumpuk perolehan golnya lewat tendangan dari titik putih. Witan Sulaeman yang dijatuhkan di area penalti pada menit pertama babak kedua, sukses menjadi algojo dan menciptakan gol keempat.

Pada menit ke-63, giliran Rizky Ridho yang ikut menyumbang gol ke gawang Brunei Darussalam. Skor 5-0 untuk Garuda Muda.

Striker Indonesia Ramadhan Sananta yang masuk pada babak kedua, tidak luput mencatatkan namanya di papan skor, setelah pada menit ke-82 mencetak gol dari luar area gawang lawan. Skor 6-0 untuk Indonesia dan itu bertahan hingga peluit panjang.

Hasil 6-0 membuat Timnas Indonesia menang agregat 12-0 dari dua laga karena pada laga kandang Indonesia juga menang 6-0.

Kemenangan besar ini membawa Indonesia masuk ke Grup F pada putaran kedua Qualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Di sana sudah menunggu Irak, Vietnam dan Filipina yang telah mengamankan diri lebih dulu. (L/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.