Timnas U-19 Indonesia Gagal Tembus Piala Dunia

Jakarta, MINA – Tim Nasional(Timnas) Sepakbola U-19 Indonesia gagal tampil di Piala Dunia U-20 setelah terhenti langkahnya di Piala Asia (AFC) U-19 karena menderita kekalahan dari Timnas U-19 Jepang 2-0 tanpa balas.

Pertandingan yang digelar di stadion kebanggaan Gelora Bung Karno (GBK) pada Ahad (28/10) malam tersebut di saksikan oleh puluhan ribu supporter Timnas, meskipun diguyur hujan lebat.

Pada babak pertama, Timnas Indonesia U-19 beberapa kali mampu mengancam gawang Jepang lewat aksi Saddil Ramdani pada menit ke-27 dan 36. Namun  masih belum menemui target.

Alih-alih ingin mencari gol cepat, Indonesia justru tertinggal terlebih dahulu pada menit 40 setelah tembakan keras kaki kiri Shunki Higashi dari luar kotak penalti, menghujam deras gawang Timnas Indonesia U-19. Keunggulan 1-0 tetap bertahan hingga babak pertama usai.

Masuk babak kedua, Timnas Indonesia U-19 coba mengawali serangan ke pertahanan Jepang. Lutfi Kamal coba melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti pada menit ke-51. Namun, upaya Lutfi untuk membawa Indonesia menyamakan kedudukan masih belum menemui sasaran.

Giliran Saddil Ramdani yang menebar ancaman ke gawang Jepang di menit ke-68. Sayang, eksekusi tendangan bebas Saddil masih dapat digagalkan kiper Jepang, Kosei Tani.

Petaka pun datang, saat laga berjalan 70 menit, Taisei Miyashiro menggandakan keunggulan Jepang. Bola hasil tembakan Miyashiro dari dalam kotak penalti melesat masuk ke dalam gawang Indonesia.

Indonesia, yang bermain tanpa gelandang andalan Egy Maulana Vikri, tampil bertahan dalam pertandingan tersebut. Lima bek sekaligus di depan penjaga gawang Muhamad Riyandi.

Ditambah lagi, pemain Indonesia sering kehilangan momentum saat ketika sudah mencapai kotak pinalti lawan yang membuat hilang peluang untuk mencetak gol.

Masuknya Todd Rivaldo Ferre di menit 74 dirasa kurang tepat atau agak terlambat, namun semua itu sudah menjadi kebijakan pelatih Indra Sjafri yang tentu mempunyai penilaian sendiri.

Meskipun di menit-menit akhir Indonesia terus-menerus menyerang namun belum membuahkan hasil yang positif.

Dengan kekalahan ini, Garuda muda kembali gagal menembus Piala Dunia setelah sebelumnya Timnas U-16 Indonesia kalah dari Australia di Piala AFC U-16 beberapa waktu yang lalu. (L/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)