TNI AU Terima 24 Unit Pesawat F-16 dari AS

Suasana serah terima kepada . (dok. Kemhan)

Jakarta, MINA – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) resmi menerima 24 unit pesawat tempur F-16 dari Amerika Serikat.

Penyerahan ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima dari Kabaranahan Kementerian Pertahanan Laksda TNI Agus Setiadji kepada Aslog Panglima TNI Laksda TNI Bambang Nariyono, dan selanjutnya diserahkan kepada Aslog Kasau Marsda TNI Eko Supriyanto, Rabu (28/2) di Pangkalan Udara TNI AU Iswahjudi, Madiun.

Dari keterangan pers yang diterima MINA, serah terima disaksikan oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna. Hadir pula Kasad, Kasau serta sejumlah pejabat di lingkungan Kemhan dan .

24 Unit Pesawat F-16 tersebut rencananya akan ditempatkan di Skuadron Udara 16 Lanud Pekanbaru sebanyak 16 unit, sedangkan 8 unit lagi akan ditempatkan di Skuadron Udara 3 Lanud Iswahyudi.

Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu dalam sambutannya mengatakan, penyerahan pesawat F-16 merupakan bagian integral dari perwujudan gelar pertahanan negara Smart Power untuk menghadapi berbagai ancaman nyata dan belum nyata.

“Pesawat F-16 ini merupakan pesawat modern berteknologi canggih, sehingga kehadirannya juga diharapkan dapat memperkuat kemampuan jajaran TNI AU yang memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga kedaulatan dan kewibawaan NKRI,” kata Ryamizard.

Ryamizard meminta kepada Panglima TNI beserta staf dan seluruh prajurit untuk merawat dan memelihara Alutsista modern yang berkemampuan dan berteknologi tinggi tersebut agar pesawat-pesawat tersebut memiliki usia pakai yang optimal.

”Pahami pengoperasian Pesawat F-16 ini secara tepat dan benar serta melaksanakan tugas serta melaksanakan latihan secara rutin, bertahap dan berlanjut guna menambah jam terbang dan meningkatkan profesionalisme prajurit,” pesannya. (T/R06/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.