TNI Kirim Payung Udara ke Yordania untuk Bantuan Kemanusiaan Palestina

Ilustrasi pengiriman bantuan kemanusiaan untuk Palestina secara airdrop. (Foto: CBC News)

Jakarta, MINA – mengirimkan payung udara barang (PUB) atas permintaan Kerajaan Yordania untuk bantuan kemanusiaan bagi warga melalui skema airdrop.

“(Sebanyak) 50 set peralatan set peralatan LCLA (low-cost, low-altitude) untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan dengan metode airdrop dengan berat maksimal 14 ton,” kata Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto saat pelepasan pengiriman bantuan di Apron Lanud Halim Perdana Kusumah, Jakarta, Jumat (29/3).

Misi tersebut akan berlangsung selama sepuluh hari dengan rute pemberangkatan dari Halim, Aceh, Myanmar, India, Uni Emirat Arab (UEA) dan Yordania. Rute yang sama berlaku juga untuk kepulangan langsung ke tanah air.

Selain payung udara barang dengan daya angkut hingga 14 ton itu, TNI juga mengirimkan 900 unit payung udara orang (PUO).

Baca Juga:  MER-C Sayangkan Tindakan Represif Polisi terhadap Mahasiswa di AS

Payung ini mampu membawa beban dengan berat maksimal 100 kilogram per unit. Menurut Agus, payung udara orang itu nantinya tidak akan digunakan untuk mengangkut orang, melainkan dimodifikasi guna menerjunkan bantuan kemanusiaan ke warga Palestina melalui skema airdrop.

“Jadi nanti 900 itu kita akan serahkan kepada pemerintahan Yordania nanti dari Yordan di airdrop ke Gaza,” ujarnya.

Agus mengungkap, dalam pengiriman bantuan kali ini TNI hanya membawa perlengkapan payung udara karena bahan makanan, obat-obatan serta kebutuhan warga Palestina lainnya disediakan oleh Badan Zakat Nasional di Yordania. Lembaga itu akan membeli bahan bantuan di sana yang dinilai cocok dengan warga Gaza.

“Jadi gitu, bahan makanannya kita beli di sana, makanannya yang cocok untuk saudara-saudara kita di Gaza,” tuturnya. (R/R7/RI-1)

Baca Juga:  Ratusan Mahasiswa UI Berkumpul di Perkemahan Solidaritas Palestina

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.