Tokoh Indonesia Jadi Penghulu Pernikahan di Australia

Melbourne, 15 Dhulhijjah 1437/17 September 2016 (MINA) – Seorang tokoh Indonesia asli Padang, Sumatera Barat, Muhammed Edwars saat ini dipercaya pemerintah Australia menjadi penghulu pernikahan bagi umat di Melbourne, ibukota negara bagian Victoria.

“Sejak tahun 2011 saya mendapat kepercayaan dari government (pemerintah) untuk menjadi penghulu, menikahkan umat Islam di Melbourne dan sekitarnya,” tutur Bapak tiga anak itu kepada MINA dalam rangkaian safari , Sabtu.

“Hampir setiap pekan kita menikahkan dua sampai lima pasangan. Tugas kami selain mencatat pernikahan mereka kemudian melaporkannya kepada pemerintah, kami juga memberikan pelajaran pranikah berisi fikih pernikahan, tugas dan tanggung jawab masing masing pihak (suami –istri) menurut Islam dan hal-hal teknis lainnya,” kata Edwars yang sudah 20 tahun tinggal .

Tokoh yang juga dipercaya menjadi ketua Muhammadiyah cabang Australia itu juga menerima layanan konseling bagi pasangan yang mengalami permasalahan dalam kehidupan rumah tangganya. “ Saya juga menerima layanan konsultasi keluarga di rumah maupun online. Hal itu karena mereka tahu saya yang menikahkannya, jadi kalo ada masalah, tanyanya ke saya juga,” lanjut guru di sebuah public school di Melbourne itu.

Mengenai prosedur pernikahan, Edwars mengatakan, bagi pasangan yang ingin menikah, ia harus mendaftar dulu secara online. Setelah itu membuat janji untuk mengadakan pertemuan sebelum akad . “Di situlah saya menjelaskan tentang segala sesuatu tentang pernikahan menurut ajaran Islam,” jelasnya.

Biasanya waktu pendaftaran hingga akad nikah kurang lebih satu bulan. Jika sudah sepakat hari dan tanggalnya barulah di adakah akad nikah. “ Adapun tempatnya memang masih di rumah kami, belum ada tempat khusus dari komunitas Muslim maupun pemerintah,” lanjutnya.

Adapun mengenai perceraian, memang pemerintah Australia membuat peraturan minimal satu tahun setelah talak, baru diberikan surat cerainya. Hal ini memungkinkan bagi pasangan yang masih dalam masa iddah untuk dapat rujuk kembali.

Selain pernikahan, Edwars juga menerima orang-orang yang ingin masuk Islam. Setip bulan selalu saja ada yang datang ke rumahnya menyatakan diri untuk bersyahadat. (R03/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.