Tokoh Oposisi Desak Pemerintah Inggris Akui Palestina

(Foto: World Bulletin)

London, (MINA) – Tokoh oposisi Inggris mendesak Perdana Menteri Theresa May untuk mengakui negara dalam menandai seratus tahun pada Kamis (2/11).

Tokoh Partai Buruh, Emily Thornberry menganggap seratus tahun deklarasi Balfour bisa menjadi moment saat yang tepat bagi Inggris untuk secara resmi mengakui Palestina.

“Menurut saya, adalah benar untuk menjadi teman sejati dari kedua sisi, Anda perlu mengenali kekhawatiran dari kedua belah pihak,” kata Thornberry kepada Anadolu Agency dikutip Miraj News Agency (MINA).

Thornberry akan mewakili Partai Buruh pada jamuan perayaan oleh Jacob Rothschild dan Roderick Balfour yang menjadi perwakilan keluarga Rothschild dan Balfour setelah pengumuman sebelumnya bahwa dia tidak akan hadir.

“Kami memiliki kewajiban bersama untuk melihat  masa depan Inggris. Tugas kami ke depan adalah untuk menjadi aman negara Israel dan negara Palestina, “kata Thornberry.

“Pemerintah Konservatif mengatakan bahwa mereka akan mengakui negara Palestina namun tidak mengatakan kapan mereka akan melakukannya,” tambah Thornberry.

“Dan kami katakan, pada peringatan 100 tahun Deklarasi Balfour, Kami harus mengakui Palestina Jika pemerintah tidak siap untuk mengakui negara Palestina, pemerintah Partai Buruh akan melakukannya.

“Yang penting adalah memenuhi janji dan kita memiliki peran dalam hal ini. Kita memiliki tanggung jawab untuk melakukan segala sesuatu yang bisa dilakukan, memastikan bahwa ada solusi antar kedua negara,”

(T/R03/P2)

Miraj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.