TOKOH PENDIDIKAN: AKHLAK PONDASI SEMUA KEMAMPUAN

Alya (MINA)
Alya (MINA)

Jakarta, 10 Rabi’ul Awwal 1437/21 Desember 2015 (MINA) – Tokoh , mengatakan, kemampuan adalah pondasi semua kemampuan. Kompetensi masa depan semuanya berdasarkan akhlak.

“Semua anak boleh memiliki kemampuan apapun, termasuk kemampuan performance, tapi yang paling penting anak harus memiliki kemampuan akhlak yang kuat,” ujar Munif saat memberi sambutan Open House dan Peresmian . Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan, Senin (21/12).

Dia juga mengatakan, sekolah masa depan harus menjadi agen perubahan dan harus bisa menjadi sekolah yang menyenangkan. “Kurikulum harus menarik seperti pilihan menu dan guru harus menjadi seorang inspirator,” tuturnya.

Baca Juga:  Mulai 2024, Kemendikbudristek Terapkan Penomoran Sertifikat Profesi Nasional

Ia mengatakan, sekolah juga harus punya andil ketika siswa kembali ke masyarakat. Seorang anak harus memiliki kemampuan komunikasi, karena miss komunikasi sangat sering terjadi saat ini. Selain itu, anak juga harus dibekali cara berfikir yang jernih dan kritis.

“Kenapa banyak anak yang sulit menghafal Al-Qur’an? Karena mereka tidak mengerti maknanya. Di Indonesia ini bahasa ibu adalah bahasa Indonesia, bukan bahasa Arab, sehingga sulit bagi anak untuk memahami Al-Qur’an,” ujarnya.

“Ada beberapa anak penghafal Al-Qur’an tapi tidak paham maknanya, sehingga perilakunya tidak Qur’ani,” tutur Munif.

Munif yang juga seorang trainer Gerakan Indonesia Mengajar mengatakan, jaman sekarang orang tua di rumah dan guru di sekolah harus menjadi sahabat sejati untuk anak dan muridnya, karena kualitas tantangan saat ini lebih sulit daripada jaman dulu.

Baca Juga:  Mulai 2024, Kemendikbudristek Terapkan Penomoran Sertifikat Profesi Nasional

“Memang jaman sekarang teknologi menjadi nilai tambah, namun anak-anak dengan mudah mengakses internet dan youtube yang menampilkan gambar-gambar tidak layak. Tapi kita tidak boleh menyerah akan  kondisi saat ini,” ujarnya. (L/P006/hna/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.