Tolak Kedatangan Timnas Israel, AWG-MER-C Gelar Futsal Fun Match

Foto: Astuti/MINA

Jakarta, MINA – Aqsa Working Group (AWG) bersama Medical Emergency Rescue Committee (MER-C), pada Jumat (16/9) menggelar pertandingan Futsal Fun Match , sebagai rangkaian aksi menolak kedatangan Timnas Sepakbola Israel, yang akan berlaga pada gelaran Piala Dunia Sepakbola U-20 di Indonesia tahun 2023  mendatang.

Pembina AWG Imaam Yakhsyallah Mansur dalam sambutannya mengatakan, jika pertandingan ini diniatkan sebagai bentuk pembelaan terhadap rakyat Palestina maka mereka akan merasakan bahwa ada yang membela dan memperhatikan mereka.

“Meskipun ini sebuah permainan, bersifat hiburan tapi kita punya niat bahwa ini dalam rangka membela membela rakyat Palestina. Segala sesuatu itu tergantung niat, jika kita niatkan untuk membela bangsa Palestina maka In Shaa Allah akan dinilai sebagai salah satu bentuk ukhuwah, dan kita tahu persaudaraan sangat tinggi nilainya  dalam agama,” kata Imaam Yakhsyallah.

Baca Juga:  Khutbah Jumat: Kewajiban Menjaga Tempat-tempat Mulia

“Orang-orang Palestina itu saudara sekandung kita, oleh karena itu kita akan terus membela dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah kita menggelar futsal pada sore hari ini, dan ini menjadi salah satu gambaran kita menolak Timnas Israel di Piala Dunia U-20,” tambahnya.

Presidium AWG, Rustam Effendy mengatakan, setidaknya ada empat alasan penolakan Timnas Israel, pertama, komitmen bangsa Indonesia untuk menghapuskan penjajahan di atas dunia telah termaktub pada alinea ke 4 UUD 1945.

Kedua, Presiden Pertama RI, Soekarno telah memberikan contoh kongkrit dengan menolak Timnas Indonesia berlaga dengan Timnas Israel. Padahal saat itu Indonesia berpeluang besar ikut Piala Dunia 1958. Ketiga, Presiden Jokowi melalui KTT OKI 2016 menyerukan boikot produk-produk Israel. Keempat, Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pun menyatakan Israel melanggar hukum internasional.

Baca Juga:  Berfikir Positif

Atas dasar itulah, salah satu wujud penolakan AWG dan MER-C terhadap Timnas Israel ialah melalui ajang futsal ini. Ia mengimbau agar elemen masyarakat lain turut mengikuti langkah AWG dalam mengkampanyekan penolakan tersebut.

Israel memastikan satu tempat di Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Indonesia pada 20 Mei – 11 Juni 2023. Hal ini diraih berkat menjadi runner up fase grup dalam gelaran Euro U-19 2022.

Sementara enam stadion telah disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023 yaitu Gelora Bung Karno (Jakarta), Si Jalak Harupat (Bandung), Jakabaring (Palembang), Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali). (L/R7/P1)

Baca Juga:  Ketua MPR Minta Pemerintah tak Terburu-buru Beri Bansos untuk Korban Judi Online

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf