Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Istiqlal Terima 22 Sapi Kurban dari Non-Muslim

Arina Islami - Kamis, 20 Juni 2024 - 19:55 WIB

Kamis, 20 Juni 2024 - 19:55 WIB

8 Views

Jakarta, MINA – Idul Adha adalah hari raya umat Islam, ditandai dengan shalat Id berjamaah dan menyembelih hewan kurban. Ternyata momen bahagia ini juga dirayakan oleh umat non-Muslim, mereka menyumbang 22 ekor sapi melalui Masjid Istiqlal, Jakarta.

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengatakan, pada Hari Raya Idul Adha, Senin (17/6), Masjid Istiqlal telah menerima 50 ekor sapi dan 12 ekor kambing.

Artinya, hampir separuh dari jumlah sapi tersebut berasal dari masyarakat non-Muslim.

“Inilah toleransi Indonesia. Sebenarnya yang wajib untuk berkorban itu adalah terutama umat Islam yang berkemampuan. Namun inilah Indonesia, inilah Istiqlal, benar-benar kita menjalin sebuah toleransi, ada understanding yang sangat dalam, lintas agama di Istiqlal ini,” kata Nasaruddin.

Baca Juga: Jumlah Santri Mendaftar di Ponpes Al-Fatah Cileungsi Meningkat

Dia menambahkan, pihak-pihak non-Muslim yang menyumbang sapi melalui Masjid Istiqlal ialah Gereja Katedral Jakarta, Hotel Borobudur Jakarta, dan komunitas Tionghoa.

“Ada 22 ekor sapi dari sahabat kita dari non-muslim, ada dari Katedral sapinya besar,” kata Nasaruddin.

“Kemudian juga dari Hotel Borobudur itu menyumbang 20 ekor sapi besar-besar, lalu ada dari rekan-rekan kita dari komunitas Tionghoa itu juga memberikan tambahan hewan kurban untuk diberikan ke mereka yang berhak,” imbuhnya.

Nasaruddin mengatakan, beberapa tokoh politik pun berkurban melalui salah satu masjid terbesar yang ada di Asia Tenggara itu.

Baca Juga: BMKG: Ingatkan Adanya Potensi Cuaca Ekstrem Senin

Di antaranya adalah Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Pertahanan sekaligus Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto, Wakil Presiden terpilih 2024-2029 Gibran Rakabuming, hingga Megawati Soekarnoputri.[]

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: BMKG Bangun Tower Gas Rumah Kaca untuk Menahan Perubahan Iklim Global

Rekomendasi untuk Anda

Kolom
MINA Millenia
Indonesia
Internasional
Palestina
Dunia Islam