Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tolonglah Allah, Pasti Allah Menolongmu

Ali Farkhan Tsani - Sabtu, 29 Februari 2020 - 17:40 WIB

Sabtu, 29 Februari 2020 - 17:40 WIB

46 Views

Oleh: Mustofa Kamal, Pendakwah Medsos

Menolong Allah maknanya adalah kita menolong Agama Allah, membela agama Allah, menegakkan Agama Allah.

Allah pada hakikatnya tidak membutuhkan pertolongan kita. Apa yang kita lakukan pada hakikatnya pahalanya akan kembali untuk diri kita sendiri. Sebagaimana Allah tidak membutuhkan sujud dan ruku’ kita. Namun kitalah yang butuh ruku’ dan sujud, untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Kita manusia lemah tiada daya dan tidak ada kekuatan kecuali atas pertolongan dari Allah dan kita sangat membutuhka-Nya. Allah-lah yang Maha berkuasa, Allah-lah yang Maha kaya. Sebagaimana firman Allah:

Baca Juga: Imaam Yakhsyallah: Allah Melaknat Manusia Dengan Empat Cara

يَـٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ أَنتُمُ ٱلْفُقَرَآءُ إِلَى ٱللَّهِ ۖ وَٱللَّهُ هُوَ ٱلْغَنِىُّ ٱلْحَمِيدُ

Artinya: “Hai manusia, kamulah yang berkehendak kepada Allah; dan Allah Dialah Yang Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) lagi Maha Terpuji.” (QS Fathir [35] : 15).

Pada ayat lain Allah menyebutkan :

هَـٰٓأَنتُمْ هَـٰٓؤُلَآءِ تُدْعَوْنَ لِتُنفِقُوا۟ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ فَمِنكُم مَّن يَبْخَلُ ۖ وَمَن يَبْخَلْ فَإِنَّمَا يَبْخَلُ عَن نَّفْسِهِۦ ۚ وَٱللَّهُ ٱلْغَنِىُّ وَأَنتُمُ ٱلْفُقَرَآءُ ۚ وَإِن تَتَوَلَّوْا۟ يَسْتَبْدِلْ قَوْمًا غَيْرَكُمْ ثُمَّ لَا يَكُونُوٓا۟ أَمْثَـٰلَكُم

Artinya: “Ingatlah, kamu ini orang-orang yang diajak untuk menafkahkan (hartamu) pada jalan Allah. Maka di antara kamu ada yang kikir, dan siapa yang kikir sesungguhnya dia hanyalah kikir terhadap dirinya sendiri. Dan Allah-lah yang Maha Kaya sedangkan kamulah orang-orang yang berkehendak (kepada-Nya); dan jika kamu berpaling niscaya Dia akan mengganti (kamu) dengan kaum yang lain; dan mereka tidak akan seperti kamu ini.” (QS Muhammad [47] : 38).

Menolong Agama Allah juga bermakna berjuang dan berjihad di jalan Allah, bersungguh-sungguh secara maksimal di jalan Allah. Termasuk pembelaan kita terhadap situs suci umat Islam yakni Masjidil Aqsa, juga termasuk menolong Agama Allah.

Baca Juga: Pentingnya Kepemimpinan dalam Islam dan Larangan Hidup Tanpa Pemimpin

Allah menyebutkan di dalam Al-Quran:

 فَلَمَّآ أَحَسَّ عِيسَىٰ مِنْهُمُ ٱلْكُفْرَ قَالَ مَنْ أَنصَارِىٓ إِلَى ٱللَّهِ ۖ قَالَ ٱلْحَوَارِيُّونَ نَحْنُ أَنصَارُ ٱللَّهِ ءَامَنَّا بِٱللَّهِ وَٱشْهَدْ بِأَنَّا مُسْلِمُونَ

Artinya: “Maka tatkala Isa mengetahui keingkaran mereka (Bani lsrail) berkatalah dia: “Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku untuk (menegakkan agama) Allah?” Para hawariyyin (sahabat-sahabat setia) menjawab: “Kamilah penolong-penolong (agama) Allah, kami beriman kepada Allah; dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang yang berserah diri.” (QS Ali-Imran [3] : 52).

Pada ayat lain Allah menyatakan:

يَـٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِن تَنصُرُوا۟ ٱللَّهَ يَنصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ

Artinya: “Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.” (QS Muhammad [47] : 7).

Baca Juga: Kehancuran Negara Israel

Firman Allah tersebut semakna dengan ayat :

 ۗ وَلَيَنصُرَنَّ ٱللَّهُ مَن يَنصُرُهُۥٓ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَقَوِىٌّ عَزِيزٌ

Artinya: “…..Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa”. (QS Al-Hajj [22] : 40).

Termasuk menolong agama Allah adalah saling membantu dan saling menolong terhadap Muslim lainya, tidak menzaliminya dan tidak membiarkan Muslim yang lainya dalam kubang kesengsaraan yang di buat oleh musuh.

Hidupnya dihiasi dengan persaudaraan, sehingga hilang rasa permusuhan dan terciptalah kedamaian, sebagaimana Allah berfirman:

Baca Juga: Persatuan Kunci Penyelesaian Krisis Palestina

إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌۭ فَأَصْلِحُوا۟ بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Artinya: “Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.” (QS Al-Hujurat [49] : 10).

Berkaitan dengan hal ini, Rasulullah bersabda:

الْمُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ لَا يَظْلِمُهُ وَلَا يُسْلِمُهُ، وَمَنْ كَانَ فِي حَاجَةِ أَخِيهِ كَانَ اللهُ فِي حَاجَتِهِ، وَمَنْ فَرَّجَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً فَرَّجَ اللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرُبَاتِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Artinya: “Seorang muslim itu saudara bagi muslim yang lainnya. Tidak boleh mendhaliminya dan tidak boleh pula menyerahkan kepada orang yang hendak menyakitinya. Barangsiapa yang memperhatikan kebutuhan saudaranya, maka Allah akan memperhatikan kebutuhannya. Barangsiapa yang melapangkan kesulitan seorang muslim, niscaya Allah akan melapangkan kesulitan-kesulitannya di hari kiamat. Dan barangsiapa yang menutupi kesalahan seorang muslim, niscaya Allah akan menutupi kesalahannya kelak di hari kiamat” (HR Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin ‘Umar radliyallahu ‘anhuma).

Keutamaan Menolong Allah

Baca Juga: Persatuan Kunci Penyelesaian Krisis Palestina

Bila kita menolong agama Allah, maka kita akan mendapatkan beberapa keutamaan, antara lain:

Pertama, akan mendapatkan kemenangan.

Allah yang Maha Kuat dan Maha Perkasa pasti akan memberikan pertolongan dan kemenangan kepada orang-orang yang beriman yang senantia berbuat amal kebajikan dan berjuang. Sebagaimana dulu orang-orang yang beriman telah diberi pertolongan dan kemenangan dalam menghadapi musuh-musuhnya.

Allah berfirman:

Baca Juga: Persatuan Kunci Penyelesaian Krisis Palestina

وَلَيَنصُرَنَّ ٱللَّهُ مَن يَنصُرُهُۥٓ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَقَوِىٌّ عَزِيزٌ

Artiya: “….. Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa.” (QS Al-Hajj [22} : 40).

Kedua, akan diteguhkan kedudukannya di muka bumi.

Meneguhkan kedudukan yakni Allah memberikan kekuatan kepada orang-orang yang mukmin, teguh jiwa, teguh raga, teguh iman, teguh akhlak, teguh aqidah dan teguh dalam kewibawaanya dan secara singkat dikatakan teguh dalam agamanya. Sesuai firman Allah:

يَـٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِن تَنصُرُوا۟ ٱللَّهَ يَنصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ

Artinya: “Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.” (QS Muhammad [47] : 7).

Baca Juga: Konsep Kemerdekaan dalam Islam

Pada ayat lain dikatakan:

وَعَدَ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّـٰلِحَـٰتِ لَيَسْتَخْلِفَنَّهُمْ فِى ٱلْأَرْضِ كَمَا ٱسْتَخْلَفَ مِن قَبْلِهِمْ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِينَهُمُ ٱلَّذِى ٱرْتَضَىٰ لَهُمْ وَلَيُبَدِّلَنَّهُم مِّنۢ بَعْدِ خَوْفِهِمْ أَمْنًۭا ۚ يَعْبُدُونَنِى لَا يُشْرِكُونَ بِى شَيْـًۭٔا ۚ وَمَن كَفَرَ بَعْدَ ذَٰلِكَ فَأُو۟لَـٰٓئِكَ هُمُ ٱلْفَـٰسِقُونَ

Artinya: “Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa dimuka bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah mereka dalam ketakutan menjadi aman sentausa. Mereka tetap menyembahku-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apapun dengan Aku. Dan barangsiapa yang (tetap) kafir sesudah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik.” (QS An-Nur [24] : 55).

Bagitulah, Allah pasti akan menolong hamba-hamba-Nya, selama hamba itu mau menolong agama.Nya. (L/Mus/RS2).

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Berjilbab Kewajiban Setiap Wanita Muslim

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Indonesia
Indonesia
Palestina
Palestina
Palestina
Palestina
MINA Preneur
Palestina
Internasional