Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Trend Sleep Hygiene, Pola Tidur Sehat!

Arif Ramdan Editor : Rudi Hendrik - 9 menit yang lalu

9 menit yang lalu

4 Views

ilustrasi

MINA – Manusia umumnya membutuhkan tidur antara 7 hingga 9 jam setiap malam. Namun, hanya sebagian kecil yang dapat memenuhi kebutuhan tidur ini akibat gaya hidup dan pola tidur yang tidak teratur.

Kurang tidur diketahui dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti serangan jantung, stroke, diabetes, dan penyakit lain yang membahayakan seseorang.

Dalam ulasa artikel kesehatan yang dipublikasi hellosehat.com, salah satu cara untuk mencegah penyakit di masa depan adalah dengan menerapkan prinsip sleep hygiene atau kebiasaan tidur sehat.

Sleep hygiene mencakup kebiasaan tidur yang baik untuk mengurangi gangguan tidur dan masalah seperti insomnia. Dengan menerapkan sleep hygiene, Anda bisa memperbaiki pola tidur dan mengurangi efek negatif dari kurang tidur.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Terbitkan Surat Edaran Waspada Risiko Mpox

Berikut adalah langkah-langkah dalam menerapkan sleep hygiene:

Batasi Konsumsi Makanan dan Minuman Sebelum Tidur

Hindari makan makanan berat, berlemak, atau minuman berkarbonasi menjelang waktu tidur, karena ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Makan berat sebelum tidur dapat meningkatkan risiko asam lambung naik ke tenggorokan, menyebabkan rasa tidak nyaman.

Tidur dan Bangun pada Waktu yang Sama

Baca Juga: MER-C Latih 35 UPTD Puskesmas Tangerang Selatan Susun RHA

Konsistensi dalam waktu tidur dan bangun sangat penting untuk meningkatkan kualitas tidur. Usahakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk pada hari libur. Misalnya, jika Anda perlu bangun pukul 6 pagi, coba tidur sekitar pukul 11 malam.

Batasi Tidur Siang
Tidur siang tidak seharusnya menjadi pengganti tidur malam. Jika pola tidur Anda terganggu, tidur siang bisa menghambat tidur malam. Jika perlu tidur siang, batasi waktunya hingga 30 menit dan lakukan sebelum pukul 3 sore.

Ciptakan Ritual Sebelum Tidur
Luangkan waktu 90 menit sebelum tidur untuk menyiapkan diri. Misalnya, hentikan aktivitas fisik berat, seperti olahraga, dua jam sebelum tidur. Gunakan waktu ini untuk mandi air hangat, membaca buku, atau meditasi. Suhu tubuh yang menurun setelah mandi air hangat dapat membantu meningkatkan rasa kantuk.

Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman
Pastikan kamar tidur Anda gelap, sejuk, dan tenang dengan suhu ideal antara 20-23 °C. Gunakan penyumbat telinga jika diperlukan dan jauhkan perangkat elektronik yang memancarkan cahaya dari jangkauan tidur Anda, karena cahaya dari perangkat ini bisa mengganggu produksi hormon melatonin yang memicu rasa kantuk.

Baca Juga: Manfaat Buah Delima bagi Kesehatan Tubuh

Olahraga Rutin
Olahraga dapat meningkatkan kualitas tidur dengan mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Olahraga di siang hari membantu menurunkan suhu tubuh dan meningkatkan rasa kantuk.

Hindari olahraga mendekati waktu tidur karena dapat meningkatkan endorphin dan membuat tidur lebih sulit. Lakukan olahraga sebelum pukul 2 siang untuk manfaat tidur yang optimal.

Dengan menerapkan keenam langkah sleep hygiene ini, Anda dapat menjaga kesehatan tubuh dan menghindari berbagai penyakit terkait tidur. Pola tidur yang baik sangat penting untuk kesehatan dan bisa mengurangi risiko masalah kesehatan yang serius. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Korban Tewas Akibat Kolera di Sudan Terus Meningkat

Rekomendasi untuk Anda

MINA Health
MINA Health
MINA Health
MINA Health
MINA Health
Palestina
Palestina
Khadijah
MINA Health