Trump Direncanakan Pimpin Langsung Sidang DK PBB Bicarakan Iran

Washington, MINA – Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan memimpin sidang Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akhir bulan ini yang akan fokus pada . AS memegang giliran sebagai Ketua Dewan Keamanan PBB untuk bulan September ini.

“Dia meminta dilakukan pertemuan untuk mengatasi pelanggaran hukum internasional Iran dan ketidakstabilan umum yang disebabkan Iran di seluruh wilayah Timur Tengah,” kata Utusan AS untuk PBB Nikki Haley kepada wartawan di markas PBB, New York, Selasa (4/9).

“Ada kekhawatiran yang berkembang tentang Iran,” ujar Nikki. demikian Anadolu Agency melaporkan dikutip MINA.

Haley, yang memimpin dewan untuk bulan September, merujuk pada program rudal balistik Iran, dukungan untuk Hizbullah Lebanon dan rezim Suriah, serta bantuan Iran untuk pemberontak Houthi Yaman.

Haley mengatakan, Presiden Iran Hassan Rouhani dapat menangani pertemuan itu jika dia memilih untuk melakukannya.

Trump pada Mei secara sepihak menarik Washington dari perjanjian nuklir Iran yang ditandatangani pada tahun 2015, namun negara-negara penandatangan lain termasuk sekutu-sekutu AS di Eropa tetap mempertahankan perjanjian itu

Keputusan Trump menghebohkan para sekutu AS yang ingin. menyelamatkan batas kesepakatan pada program nuklir Teheran.

Sidang Dewan Keamanan PBB akan  pada 18 September, sedangkan pejabat tinggi negara-negara anggota dewan diperkirakan akan hadir sejak 24 September dan Trump dijadwalkan akan memimpin pertemuan dua hari setelahnya.

Haley juga mengatakan, dewan akan bersidang pada Jumat, dalam sebuah sesi tentang situasi di provinsi barat laut Suriah, Idlib, di tengah tingginya serangan rezim Suriah di sana

“Kami berharap dapat menghentikan sesuatu sebelum terjadinya situasi yag buruk,” kata Haley. (T/R03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.