Trump Pilih Solusi Satu Pemerintahan untuk Konflik Palestina

Washington, 19 Jumadil Awwal 1438/16 Februari 2017 (MINA) – Presiden Amerika Serikat Donald Trump menegaskan komitmennya terkait solusi konflik Israel-Palestina yang memutuskan akan mendukung solusi satu negara/pemerintahan.

“Saya setuju solusi satu negara dan satu pemerintahan jika memang kedua belah pihak (Israel dan Palestina) setuju,” kata Trump, demikian Al Jazeera melaporkan yang dikutip MINA.

Menurutnya, Amerika Serikat akan mendorong dan melakukan sebuah usaha serius untuk mencapai perdamaian.

“Amerika Serikat akan mendorong perdamaian sesungguhnya. Namun,  pihak Israel-Palestina sendirilah yang harus langsung menegosiasikan kesepakatan tersebut,” ujarnya.

Lebih lanjut, Trump mengatakan ia tidak terikat pada ide solusi dua negara, dan menurutnya itu merupakan perubahan mendasar yang menentang resolusi Dewan Kemanan PBB.

“Ini akan menentang resolusi Dewan Keamanan PBB dan melawan kesepakatan masyarakat internasional,” ujarnya.

Sementara itu, saat ditanya tentang dukungannya untuk solusi dua negara, Netanyahu mengatakan bahwa ia ingin fokus pada “substansi” bukan “label”.

“Ada dua persyaratan bagi perdamaian. Pertama, Palestina harus mengakui Negara Yahudi. Kedua, dalam setiap perjanjian damai, Israel harus mempertahankan kontrol keamanan utama di seluruh wilayah Tepi Barat,” ujarnya. (T/ism/P02)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)