Trump Sebut Tidak Ada Korban dalam Serangan Iran di Pangkalan AS

Presiden AS berpidato untuk bangsa di Gedung Putih, Rabu, 8 Januari 2019. (AP Photo/ Evan Vucci)

Washington, MINA – Presiden AS Donald Trump mengatakan pada Rabu (8/1), Iran tampaknya “mundur” setelah serangan rudal terhadap pangkalan pasukan AS di Irak tidak mengakibatkan kematian orang Amerika atau Irak.

“Semua prajurit kami selamat dan hanya kerusakan minimal yang terjadi di pangkalan militer kami. Pasukan Amerika kami yang hebat siap untuk apa pun,” katanya dalam pidato kepada bangsa dari Gedung Putih.

“Iran tampaknya mundur, yang merupakan hal baik untuk semua pihak yang berkepentingan dan hal yang sangat baik bagi dunia. Tidak ada nyawa warga Amerika atau Irak yang hilang,” katanya, demikian Nahar Net melaporkan.

Trump memuji sistem peringatan dini “yang bekerja sangat baik” dengan fakta bahwa tidak ada orang Amerika atau Irak yang terbunuh. Dia menambahkan bahwa orang Amerika harus “sangat bersyukur dan bahagia” dengan hasilnya.

Pernyataan Trump itu bertentangan dengan klaim Pemerintah Teheran yang disiarkan melalui televisi pemerintah.

Sebelumnya, TV pemerintah melaporkan bahwa sebanyak 80 warga Amerika tewas dalam serangan rudal balistik terhadap pangkalan militer AS di Irak pada Rabu pagi.

Klaim itu muncul setelah Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran meluncurkan puluhan rudal balistik melawan militer AS dan pasukan koalisi di Irak. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)