Trump Siap Temui Presiden Iran “Kapan Saja” dan “Tanpa Prasyarat”

Washington, MINA – (AS) mengatakan, dia siap bertemu dengan mitranya dari Iran, Hassan Rouhani, “kapan saja mereka mau.”

Berbicara pada konferensi pers bersama Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte hari Senin (30/7) di Washington, Trump menegaskan bahwa dia “pasti akan bertemu” dengan   “tanpa prasyarat.”

“Ini bagus untuk negara, bagus untuk mereka, bagus untuk kita dan baik untuk dunia. Tidak ada prasyarat. Jika mereka ingin bertemu, saya akan bertemu,” kata Trump, demikian Press TV melaporkan.

Sikap Trump terhadap Teheran tesebut bertentangan dengan ancamannya terhadap Iran baru-baru ini.

“Saya percaya bahwa mereka mungkin  ingin bertemu,” katanya. “Dan saya siap untuk bertemu kapan saja mereka mau. Dan saya tidak melakukannya dari kekuatan atau dari kelemahan. Saya pikir itu hal yang tepat untuk dilakukan,” tegasnya.

Teheran belum menanggapi komentar terbaru dari Presiden AS tersebut, tetapi juru bicara Departemen Luar Negeri Iran Bahram Qassemi sehari sebelumnya mengatakan, terlibat dalam negosiasi dengan “Amerika saat ini” hampir tidak mungkin.

Menurut Presiden Iran Hassan Rouhani, Trump “harus belajar dengan baik bahwa perdamaian dengan Iran adalah ibu dari semua perdamaian dan perang dengan Iran adalah ibu dari semua perang.”

Pada Mei lalu, Trump menarik AS keluar dari kesepakatan nuklir Iran yang dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (JCPOA). (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)