Trump Tetap Dukung Saudi Meski Ada Kasus Khashoggi

Washington, MINA – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan, negaranya tetap berdiri bersama Arab Saudi, meskipun ada “kejahatan yang tidak dapat diterima dan mengerikan” dilakukan terhadap jurnalis Jamal Khashoggi.

Trump pada Selasa (20/11) mengatakan, baik Raja Salman dan Pangeran Putra Mahkota Mohammed bin Salman, “menyangkal mengetahui tentang perencanaan atau pelaksanaan pembunuhan” terhadap Khashoggi, demikian The New Arab melaporkan yang dikutip MINA.

Namun pekan sebelumnya, badan intelijen CIA menyimpulkan bahwa Putra Mahkota telah memerintahkan pembunuhan Khashoggi.

“Agen-agen intelijen kami terus menilai semua informasi, tetapi sangat mungkin bahwa Putra Mahkota memiliki pengetahuan tentang peristiwa tragis ini, mungkin dia melakukannya dan mungkin dia tidak!” kata Trump dalam pernyataan tertulisnya.

Pemimpin Arab Saudi berada di bawah tekanan internasional di saat berlangsungnya tuntutan penyelidikan terhadap pembunuhan Khashoggi dan menahan pejabat tinggi Saudi yang bertanggung jawab.

Khashoggi, seorang kritikus terhadap kebijakan pemerintah Saudi dan kolumnis terkemuka di Washington Post, dibunuh di konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober setelah dia masuk ke dalam gedung tersebut.

Editor Washington Post Karen Attiah mengecam keras pernyataan Trump tersebut.

“Pernyataan Trump tentang Arab Saudi + #Khashoggi penuh dengan kebohongan dan pengabaian terang-terangan terhadap badan intelijennya sendiri,” tulisnya di Twitter.

“Ini juga menunjukkan pengabaian yang tak termaafkan atas kehidupan orang-orang Saudi yang berani mengkritik rezim. Ini adalah nilai terendah baru,” tambahnya. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.