Tujuh Pesohor Non-Muslim Ini Pandai Baca Al-Quran, bahkan Hafal Sebagian Suratnya

Al-Quran kitab suci yang punya daya tarik, non-muslim pun banyak yang bisa membacanya bahkan hafal beberapa surat (Foto: Freepik)

, umat Islam, tidak hanya memiliki nilai sakral bagi umat Islam, tetapi juga memiliki daya tarik yang luas bagi orang-orang dari berbagai latar belakang agama dan budaya.

Meskipun diturunkan dalam bahasa Arab, Al-Quran memiliki pesan yang universal yang dapat dipahami dan dinikmati oleh siapa pun, terlepas dari agama mereka.

Salah satu alasan Al-Quran menarik perhatian adalah keindahan sastra dan kedalaman maknanya. Bahasa Al-Quran sangat indah dan berirama, membuatnya seperti puisi yang mengalir dengan lancar.

Bahkan, banyak yang menganggapnya sebagai salah satu karya sastra paling indah dalam sejarah. Bahasa yang digunakan dalam Al-Qur’an juga sangat jelas dan dapat dipahami, menjadikannya mudah dipelajari bahkan bagi yang bukan penutur asli bahasa Arab.

Dengan kelebihan tersebut, maka tidak heran jika beberapa seperti beberapa artis di Indonesia yang non-muslim, ternyata memiliki kemampuan membaca dan menghafal surah dalam Al-Quran.

Meski itu basanya karena dipengaruhi oleh faktor keluarga dan lingkungan sejak kecil. Ada juga yang belajar membaca Al-Qur’an karena kebutuhan dalam profesi, seperti berakting di sinetron atau film yang memerlukan kemampuan melafalkan surah Al-Quran.

Berikut ini penelusuran MINA tentang beberapa artis dan publik figur non-muslim yang ditengarai pandai membaca Al-Quran, bahkan hafal beberapa surat:

1. Denny

Denny Sumargo akhir-akhir ini sering dikabarkan bakal mualaf. Itu karena dia sering membuat kagum publik dengan pengetahuannya mengenai agama Islam.

Bahkan Denny dalam tanyangan video mengatakan, dirinya suka membaca Al-Qur’an dan hadits. Ia juga mengaku bahwa dirinya memang senang membaca buku sejak dulu, terutama sejarah dan perjalanan agama dalam kehidupan manusia.

2. Felicya Angelista

Felicya Angelista merupakan seorang Kristen yang telah dibaptis di Sungai Yordan. Peran Felicya di sinetron Dunia Terbalik menuntutnya untuk mengenakan hijab. Sebagai pemeran, Felicya mampu melakukan perannya tersebut dengan baik.

Dalam beberapa adegan, ia juga diminta untuk shalat dan mengaji.

3. Amanda Manopo

Amanda Manopo merupakan pemeran Andin dalam sinetron Ikatan Cinta. Karena tokoh tersebut merupakan tokoh religius, Amanda akhirnya memutuskan untuk belajar membaca Al-Quran.

Dalam film itu, Amanda sering melakukan adegan shalat, yang juga membuat dirinya diterpa isu mualaf. Namun, ia tidak mengakui hal tersebut.

4. Jessica Mila

Jessica Mila konon pernah belajar mengaji ketika membintangi film religi Mengejar Surga. Ia berperan sebagai seorang muslimah bernama Atiqah.

Mila tampil maksimal sebagai wanita berhijab yang pandai mengaji, meskipun bukan beragama Islam. Ia mempelajari Al-Quran dan beberapa kata dalam bahasa Arab di luar jam syutingnya.

5. Samuel Zylgwyn

Samuel Zylgwyn memerankan tokoh Jaka yang beragama Islam di sinetron Berkah. Samuel lalu dituntut untuk bisa membaca Al-Quran dan menghafal doa serta surah dalam Al-Qur’an.

Ia rela belajar mengaji dan menghafal doa-doa dengan seorang guru ngaji demi perannya tersebut. Samuel mengaku bahwa ia merasa tertantang dengan pengalamannya itu.

6. Chicco Jerikho

Dalam film ‘Seputih Cinta Melati’, Chicco Jerikho berperan sebagai tokoh Ivan, seorang pria muslim yang bisa membaca Al-Qur’an. Ia kemudian mendalami agama Islam dan menghafal surat Al Fatihah.

Bagi Chicco, hal tersebut tidaklah mudah. Ia membutuhkan waktu satu bulan untuk menghafal surat Al Fatihah.

7. Shandy Aulia

Shandy Aulia dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang menganut agama berbeda. Shandy sama seperti ibunya yang beragama Kristen, sementara ayah dan tiga kakaknya beragama Islam.

Waktu kecilnya, Shandy pernah mempelajari agama Islam dan menjalankan ibadah salat. Oleh karena itu, ia sudah mulai mengenal bacaan salat dan surah di Al-Quran.

Itulah deretan pesohor yang bisa membaca Al-Quran meski non-muslim. Al-Quran mulia memang menarik perhatian banyak orang dari berbagai latar belakang agama dan budaya.

Banyak yang tertarik untuk mempelajarinya dan mendalami pesan-pesannya yang mendalam. Ini membuktikan bahwa Al-Quran tidak hanya relevan bagi umat Islam, tetapi juga bagi seluruh umat manusia. (A/B04/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)