Turki Akan Bantu Azerbaijan Bangun Kembali Nagorno-Karabakh

Foto: Anadolu Agency

Istanbul, MINA – Pemerintah Turki akan membantu Azerbaijan membangun kembali wilayah Nagorno-Karabakh, setelah wilayah tersebut dikuasi oleh pasukan Armenia selama 30 tahun.

“Kontraktor Turki akan berperan dalam proyek jalan raya Fuzuli-Shusha 100 kilometer (62 mil) dan Bandara Fuzuli, juga rumah sakit, Azerbaijan ingin bekerja dengan kontraktor Turki, yang dikenal karena pengalaman mereka dalam konstruksi di wilayah tersebut,” kata Cenk Eynehan, CEO PASHA Bank yang berbasis di Istanbul, perusahaan induknya berlokasi di Baku. Demikian dikutip dari MEMO, Senin (5/4).

“Sekitar 1,5 juta orang Azerbaijan akan kembali ke wilayah itu untuk mengejar proyek infrastruktur, jalan, pertanian, energi, fasilitas pendidikan, dan kesehatan,”lanjutnya.

Azerbaijan sejauh ini mengalokasikan anggaran sebesar 2,2 miliar dolar Azerbaijan ($ AS 1,3 miliar) untuk proyek-proyek tersebut, dan anggaran tersebut diperkirakan akan meningkat puluhan miliar dolar di tahun-tahun mendatang.

“Di bawah kesepakatan baru menyusul kemenangan Azerbaijan di Nagorno-Karabakh musim gugur lalu, jalur perdagangan ke China akan lebih aktif dan perdagangan akan tumbuh, ” ujar Eynehan.

“Kami yakin kerjasama ekonomi dan strategis antara kedua negara akan semakin kuat untuk kemakmuran dan masa depan kawasan,”tegasnya. ( T/Hju/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)