Turki Bakal Bangun Masjid Megah di Bekas Lokasi Pabrik Bir Legendaris

Istanbul, MINA – Sebuah pabrik bir modern dan bersejarah di Turki bakal dibongkar setelah diambil alih otoritas keagamaan tertinggi di negara itu. Nantinya, bangunan itu akan diubah menjadi sebuah masjid megah serta lahan parkir.

Anggota Kamar Arsitek Istanbul yang meminta namanya tidak disebutkan itu mengatakan, Dewan Konservasi Istanbul telah menyetujui penyerahan Pabrik Bir Bomonti kepada Direktorat Urusan Agama atau disebut Diyanet awal pekan ini.

“Struktur bangunan ini sangat penting. Membawa Anda ke masa lalu. Ini lebih dari sekadar warisan arsitektur. Pabrik Bir Bomonti sangat istimewa,” kata sumber tersebut seperti dilaporkan Turkish Minute, Sabtu (7/9).

Pabrik bir Bomonti itu dibangun di akhir era kesultanan Utsmaniyah dan terkenal di wilayah Istanbul, ditutup satu abad kemudian, dan menjadi situs industri pertama paling penting di Istanbul, yang kemudian Dewan Konservasi Istanbul memasukannya sebagai aset budaya pada 1998.

Baca Juga:  Sudah 164 Calon Santri Ponpes Al-Fatah, Pendaftaran Masih Dibuka

Dia mengatakan, Diyanet berencana untuk membangun sebuah masjid megah di bekas lahan situs tersebut. Selain masjid, akan ada lahan parkir, tempat kediaman dan ruang pameran.

Bagian dari kompleks pabrik dihancurkan sekitar 10 tahun lalu untuk membangun sebuah hotel. Sementara bangunan lain dijual dan dibangun kembali menjadi Bomontiada, sebuah kompleks yang di dalamnya ada bar, restoran dan tempat budaya.

Penghancuran bangunan bersejarah itu pun sempat menuai protes dari penduduk setempat. Rencananya di sana dibangun pusat perbelanjaan dan replika Utsmaniyah di taman Gezi seperti yang ada di pusat kota, namun ditolak oleh warga pada 2013. (T/R06/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Ismet Rauf