TURKI BIAYAI NIKAH MASSAL DUA RIBU PASANGAN DI GAZA

(Foto: PIC)
(Foto: PIC)

Gaza, 3 Sya’ban 1436/21 Mei 2015 (MINA) – menjadi sponsor proyek nikah massal bagi dua ribu pasangan muda di , menuai penghargaan dari rakyat Palestina dengan tersebarnya  di jalan-jalan utama kota Gaza banyak poster ucapan terima kasih kepada negara itu.

Di antara poster itu ada foto Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan di sampingnya foto Wakil Kepala Biro Politik Gerakan Perlawanan Islam Palestina , Ismail Haniyah serta peta historis Palestina dengan tertulis: “Terima Kasih Turki… Kebahagiaan Palestina…”

Diperkirakan, pesta nikah massal untuk dua ribu pasangan muda Palestina di Jalur Gaza akan digelar pada akhir Mei ini. Acara itu digelar atas biaya dari pemerintah Turki, demikian Pusat Info Palestina melaporkan.

Sebelumnya, Haniyah dalam pernyataan persnya saat mendapat kunjungan dari Menteri Wakaf Turki Mohammed Cormaz ke Jalur Gaza, pada Ahad (17/5) lalu, mengatakan, Turki akan mendanai proyek nikah massal dua ribu pasangan muda Palestina dari Jalur Gaza pada akhir Mei ini.

Bersamaan dengan peringatan tahunan kejahatan yang dilakukan penjajah Zionis pada .

Pada 31 Mei 2010 lalu, pasukan komando Angkatan Laut  menyerang Kapal Mavi Marmara, kapal terbesar Freedom Flotilla yang berlayar menembus blokade Gaza, di atasnya ada lebih 500 relawan yang sebagian besarnya dari Turki, saat mereka berada di perairan internasional di Laut Mediterania.

Serangan tersebut mengakibatkan 10 relawan asal Turki gugur dan lebih dari 50 lainnya terluka.

Sementara itu, anak-anak muda Palestina di Jalur Gaza hidup dalam kondisi ekonomi yang sulit akibat kemiskinan dan pengagguran sehingga banyak yang terlambat menikah.

Menurut data Pusat Statistik Palestina pada Februari lalu, tingkat pengangguran di Gaza selama empat bulan terakhir pada tahun lalu mencapai 42,8%. Di Gaza saat ini ada 1,9 juta jiwa yang tinggal di atas wilayah seluas 560 esaja, sehingga Jalur Gaza menjadi wilayah yang paling padat di dunia. (T/P011/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0