Turki Dukung Perjuangan Rakyat Palestina

Sejumlah demonstran Gaza Palestina terluka oleh tembakan tentara Israel di perbatasan Gaza-Israel, 15 Mei 2011. (Foto: Flash90/Hamad Almakt)

Ankara, MINA – Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu pada Sabtu (31/3) menyatakan, pihaknya mendukung perjuangan rakyat Palestina dalam memenuhi haknya dan mengucapkan belasungkawa atas syahidnya yang tertembak oleh Israel pada Jumat (30/3).

Ia pun memberi tahu Menteri Luar Negeri Palestina Riyadh Al-Malki  tentang percakapan telepon antara Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Erdogan meminta Trump untuk mempertimbangkan kembali keputusannya mengakui Al-Quds (Yerusalem Timur) sebagai ibu kota Israel dan berencana untuk memindahkan kedutaan AS di Israel dari Tel Aviv ke Al-Quds.

Erdogan juga akan memberikan perlindungan kepada rakyat Palestina untuk menemukan solusi yang akan mengakhiri penderitaan mereka, demikian Wafa melaporkan.

Cavusoglu mengatakan, pihaknya bersedia bekerja sama dengan Malki dalam membantu mengamankan hak-hak dan kemerdekaan Palestina yang sah. (T/R03/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)