TURKI PEMBERI BANTUAN KEMANUSIAAN PERINGKAT KE SATU DI DUNIA

Turki Pemberi Bantuan Kemanusiaan Peringkat Ke Satu Di Dunia  (Foto : aa)
Turki Pemberi Bantuan Kemanusiaan Peringkat Ke Satu Di Dunia (Foto : aa)

Ankara, 15 Shafar 1436H/8 Desember 2014M (MINA) – Turki merupakan negara nomer satu di dunia dalam penyediaan bantuan kemanusiaan, menurut laporan 2013 oleh Badan Koordinasi dan Kerjasama Turki dirilis, Ahad.

Turki mengelola 4,3 dolar miliar bantuan kemanusiaan yang dikirim melalui jalur resmi dan organisasi non-profit di seluruh dunia, dan jumlah itu, terkait dengan Produk Nasional Bruto (GNP) Turki, peringkat itu sebagai yang pertama di dunia. Peringkat negara-negara  dalam laporan ditentukan oleh jumlah bantuan yang diberikan terkait dengan GNP negara tersebut.

Laporan tersebut menjelaskan, Turki Kerjasama dan Koordinasi Badan berperan penting dalam melakukan “pendekatan soft power” kebijakan luar negeri Turki, demikian laporan Anadolu Agency dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Senin.

Menurut data dari Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan, juga dirilis pada tahun 2013, Turki telah menjadi negara donor keempat di dunia setelah Amerika Serikat, Uni Eropa dan Inggris.
Data OECD juga menempatkan Turki di peringkat pertama dalam hal bantuan kemanusiaan yang menghabiskan persentase dari GNP: 0,21 persen pada tahun 2013.

Bantuan kemanusiaan Turki telah dibagi antar daerah dengan 55,9 persen yang disediakan di Timur Tengah, 24,7 persen di Afrika, 15,3 persen di Asia Selatan dan Tengah, 15,3 persen di Balkan dan 3,1 persen di Eropa Timur.

Bantuan kemanusiaan Turki telah mencapai 120 negara, termasuk Afghanistan, Yaman, Haiti dan Filipina pada 2013.

Ketiga negara-negara penerima bantuan yang paling darurat bencana adalah Suriah, Mesir dan Kyrgyzstan. Somalia, Afghanistan, Palestina, Pakistan, Kazakhstan, Tunisia dan Azerbaijan adalah negara-negara lain di bagian atas daftar. (T/P002/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0