Turki Perkuat Pasukannya di Afghanistan

Kabul, MINA – Parlemen telah menyetujui memperkuat dan memperluas kehadiran militernya di , selama dua tahun ke depan. Demikian menurut laporan media pada hari Rabu (26/12).

Pasukan Turki ditempatkan di negara yang dilanda perang dalam kerangka misi Dukungan Tegas yang dipimpin , untuk menjadi pelatih dan penasehat bagi personil keamanan Afghanistan, Pajhwok melpaorkan dikutip MINA.

Mulai berlaku pada 6 Januari 2019 mendatang, akan menyetujui pemerintah Turki mengirim pasukan ke Afghanistan untuk mendukung misi Dukungan Tegas.

Sekitar 12.000 tentara asing dari 28 negara sekutu NATO dan 14 negara mitra telah sepakat untuk mendukung misi di Afghanistan.

Undang-undang ini memberdayakan pemerintah untuk mengizinkan personel NATO diangkut ke dan dari Afghanistan melalui Turki, sebuah surat kabar Turki melaporkan.

Turki adalah anggota NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara), pakta pertahanan yang dibentuk di masa perang dingin dulu untuk menghadapi Blok Uni Sovyet. Turki adalah satu-satunya negara Islam yang menjadi anggota NATO.

(T/B05/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.