Turki, Qatar akan Operasikan Lima Bandara di Afghanistan

Islamabad, MINA – Turki dan Qatar telah menandatangani nota kesepahaman untuk bersama-sama mengoperasikan lima bandara di Afghanistan, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengumumkan pada Senin (20/12).

“Delegasi ahli akan melakukan perjalanan pertama ke Doha dan kemudian ke Kabul untuk membahas cara mengoperasikan Bandara Internasional Hamid Karzai Kabul,” kata Cavusoglu saat pertemuan dengan mitranya dari Malaysia di sela-sela KTT Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Ibukota Pakistan, Islamabad, MEMO melaporkan.

Cavusoglu menambahkan, delegasi Turki dan Qatar akan mempresentasikan usulan bersama kepada pemerintah sementara yang dipimpin Taliban di Afghanistan, mencatat bahwa proposal tersebut akan dibahas pada Rabu (22/12).

“Kami akan mengoperasikan bandara bersama-sama dengan Qatar jika kondisinya menguntungkan,” kata Cavusoglu, menekankan tidak ada kewajiban pada Turki “jika persyaratan kami tidak terpenuhi.”

Menteri Luar Negeri Qatar, Mohammed Bin Abdulrahman Al-Thani, membenarkan bahwa dia telah membahas dengan Cavusoglu “potensi kerja sama dengan pemerintah sementara Afghanistan dalam pengelolaan bandara Kabul.”

KTT OKI juga dilaporkan telah membahas rencana untuk membangun jalur kereta api baru antara Kabul ke ibukota Uzbekistan Tashkent. (T/R7/P1

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.