Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Turki Rencana Bangun Kota untuk Sejuta Pengungsi Suriah

Ali Farkhan Tsani - Senin, 30 September 2019 - 00:37 WIB

Senin, 30 September 2019 - 00:37 WIB

1 Views

Ankara, MINA – Turki memiliki rencana proyek konstruksi besar-besaran membangun komunitas baru perkotaan di Suriah utara sebagai bagian dari niatnya untuk memukimkan kembali setidaknya satu juta pengungsi yang melintasi perbatasan, menurut sumber Kepresidenan Turki.

Sumber yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada media Turki Haberturk pada hari Jumat (27/9) bahwa 140 desa, masing-masing menampung 5.000 pengungsi Suriah, dan 10 distrik, masing-masing menampung 30.000 pengungsi Suriah, akan dibangun di zona aman, sekitar 30-40 kilometer ke dalam wilayah Suriah.

Secara total, 200.000 tempat tinggal akan dibangun untuk menampung sekitar satu juta warga Suriah yang telah melarikan diri ke Turki sejak konflik sipil meletus pada tahun 2011 dan munculnya ISIS.

Rencana pembangunan juga termasuk aula olahraga, sekolah, pusat pemuda, masjid, dan klinik medis. Seluruh proyek diperkirakan menelan biaya sekitar $ 27 miliar (sekitar Rp383 triliun lebih). Media Rudaw melaporkan Sabtu (28/9).

Baca Juga: Gerakan Perlawanan Lebanon Tembakkan Roket ke Tzuriel Moshav Israel

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbagi rencana ini dengan para pejabat Amerika Serikat dalam kunjungannya ke Majelis Umum PBB pekan ini.

Zona Aman

Turki dan AS sepakat pada awal Agustus untuk menetapkan zona aman di beberapa bagian Suriah utara, untuk mengatasi kekhawatiran keamanan Ankara tentang pasukan Kurdi di Suriah utara.

Ankara dan Washington juga telah membahas pemindahan beberapa dari 3,6 juta pengungsi Suriah yang tinggal di Turki, meskipun mereka tampaknya masih tidak setuju mengenai perinciannya.

Baca Juga: Mantan Menlu Israel Serukan Penghancuran Total Pelabuhan Al-Hudaydah Yaman

“Kami ingin dapat memukimkan kembali dua juta warga Suriah ke dalam koridor perdamaian dengan dukungan masyarakat internasional,” kata Erdogan kepada para pemimpin dunia di PBB pada hari Selasa (24/9), sambil memegang peta zona aman yang diusulkan yang mencakup seluruh perbatasan Turki dengan wilayah tersebut.

“Jika kita dapat memperluas koridor ini ke garis Deir ez-Zor-Raqqa, kita dapat meningkatkan jumlah warga Suriah yang pulang dari Turki, Eropa, dan negara-negara lain hingga tiga juta,” tambahnya.

Kedalaman zona ini adalah titik utama ketidaksepakatan antara Turki, AS, dan pasukan yang dipimpin Kurdi dan administrasi sipil yang mengatur Administrasi Otonomi Suriah Utara dan Timur (NES).

Para pejabat Kurdi mengatakan zona itu tidak akan melebihi 14 kilometer dan bahwa pengungsi yang tidak berasal dari daerah itu akan dilarang menetap di sana.

Baca Juga: Arab Saudi Jinakkan 989 Alat Peledak di Yaman

“Kami telah memberi tahu orang-orang Amerika bahwa hanya orang-orang lokal dari daerah yang dapat kembali. Dan mereka tahu ini,” kata Ilham Ahmed, wakil ketua Dewan Demokratik Suriah (SDC) mengatakan kepada Defense Post dalam sebuah wawancara pada 24 September.

Ditanya tentang posisi AS dalam masalah ini, utusan khusus Washington untuk Suriah James Jeffrey mengatakan dalam sebuah briefing pada hari Kamis (26/9) bahwa setiap pengembalian harus dilakukan secara sukarela dan harus melibatkan badan pengungsi PBB.

“Tapi kami telah mendaftar untuk mengembalikan para pengungsi ke rumah mereka jika mereka datang ke daerah itu,” tambahnya.

“Itu bagian dari posisi keseluruhan kami pada konflik Suriah secara umum, dan termasuk timur laut, dan termasuk dalam pengaturan ini,” jelasnya.

Baca Juga: Pengamat: Agresi Israel di Yaman Hanya Rugikan Sipil

Kelompok bersenjata yang didukung AS di Suriah utara, Pasukan Demokrat Suriah (SDF), dipimpin oleh Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG), yang dianggap Turki sebagai cabang Suriah dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK).

Ankara menganggap kehadiran SDF di perbatasannya sebagai ancaman keamanan.

Para pejabat AS mengatakan mereka memahami keprihatinan Turki, tetapi tidak akan meninggalkan sekutu Kurdi mereka yang memimpin serangan terhadap ISIS di Suriah utara.

Sesuai dengan perjanjian zona aman yang dibuat antara AS dan Turki, SDF telah menarik diri dari beberapa daerah di sepanjang perbatasan dan menghancurkan benteng mereka untuk menunjukkan komitmen mereka terhadap kesepakatan tersebut.

Baca Juga: Pecat Separuh Pekerjanya, Pelabuhan Eilat Israel Bangkrut

Pasukan Turki dan AS telah memulai patroli udara dan darat di zona aman yang diusulkan, tetapi Erdogan mengatakan ini tidak cukup.

Dia telah mengancam untuk melakukannya sendiri, menetapkan zona aman pada akhir September jika AS tidak bertindak lebih cepat. (T/RS2/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: ICJ: Pemukiman Israel Ilegal dan Harus Bayar Ganti Rugi Kepada Palestina

Rekomendasi untuk Anda

Internasional
Palestina
Palestina
Dunia Islam
Palestina
Palestina