Turki, Rusia Diskusikan Perkembangan Terkini Idlib, Tal Rifaat

Anakra, MINA – Menteri Pertahanan Turki dan Rusia membahas situasi terbaru di Idlib dan Tal Rifaat di barat laut Syria dalam percakapan telepon pada Sabtu, menurut sumber resmi Turki.

Sumber-sumber yang berbicara dengan syarat anonimitas mengatakan Hulusi Akar dan Sergei Shoigu membahas masalah keamanan regional dalam kerangka perjanjian Sochi.

“Dalam percakapan itu, langkah-langkah teknis dan taktis yang akan diambil di lapangan telah ditentukan,” kata sumber tersebut.

Sumber tersebut juga menambahkan bahwa Akar dan Shoigu juga mengkonfirmasi konsensus mereka tentang kerja bersama untuk memastikan dan memelihara perdamaian dan keamanan di Idlib dan Tal Rifaat.

Setelah pertemuan 17 September di Sochi antara Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan rekan sejawatnya dari Rusia, Vladimir Putin, kedua pihak sepakat untuk membentuk zona demiliterisasi – di mana tindakan agresi secara tegas dilarang – di provinsi Idlib Suriah.

Menurut ketentuan kesepakatan itu, kelompok-kelompok oposisi di Idlib akan tetap di daerah-daerah mereka berada, sementara Rusia dan Turki akan melakukan patroli bersama di daerah itu untuk mencegah dimulainya kembali pertempuran.

Suriah mulai konflik dahsyat pada 2011 lalu ketika rezim Assad menindak keras para demonstran dengan keganasan yang tidak terduga. (T/RS3/P2)