Turki-Rusia Serukan Gencatan Senjata Libya Mulai Ahad 12 Januari

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kanan) bertemu rekan Rusianya Vladimir Putin (kiri) di Ankara, Rabu, 8 Januari 2020. (AP Photo/Lefteris Pitarakis)

Ankara, MINA – Presiden Recep Tayyip Erdogan dan mitra Rusianya Vladimir Putin menyerukan di setelah pertemuan di Istanbul pada hari Rabu (8/1).

“Presiden kami Recep Tayyip Erdogan dan kepala negara Vladimir Putin hari ini menyerukan gencatan senjata mulai pada 12 Januari tengah malam,” kata Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu, berbicara bersama timpalannya dari Rusia Sergei Lavrov, demikian Nahar Net melaporkan.

Sebelumya pada Senin (6/1) Erdogan menyatakan pasukan Turki akan segera bertugas di Libya untuk mendukung pemerintah Persatuan Nasional yang terkepung.

Erdogan mengkonfirmasi bahwa Turki telah mulai mengirim pasukan ke Libya.

“Di Libya akan dibentuk pusat operasi, yang akan dipimpin oleh seorang letnan jenderal. Tentara Turki kini sedang dikirim secara bertahap ke sana,” kata Erdogan.

Pemerintah Libya di Tripoli kini sedang terkepung oleh pasukan pimpinan Jenderal Khalif Haftar yang menguasai Libya bagian timur.

Parlemen Turki bulan lalu mendukung pengiriman pasukan Turki ke Libya, setelah presiden Erdogan menandatangani perjanjian kerja sama militer dengan pemerintahan di Tripoli. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.