Turki Selesaikan Pemulihan Masjid Ali Pasha

Ohrid, MINA – Turki telah menyelesaikan pekerjaan restorasi di Masjid Ali Pasha abad ke-16 yang bersejarah di Ohrid, Masedonia Utara. Masjid tersebut akan dibuka kembali untuk kegiatan shalat pada 28 November, kata para pejabat dalam sebuah pernyataan, Selasa (26/11).

Direktorat Jenderal Yayasan Turki meluncurkan karya restorasi di masjid, yang dibangun pada 1573, pada 22 Maret 2017. Pekerjaan awalnya berfokus pada menara masjid, yang dirubuhkan sekitar 107 tahun yang lalu. Daily Sabah melaporkan,

Ketua direktorat Adnan Ertem mengatakan proyek restorasi dimulai setelah protokol ditandatangani antara direktorat dan Pimpinan Uni Islam Masedonia Utara pada 1 April 2015.

Ertem menambahkan pekerjaan restorasi telah dilakukan sesuai dengan desain asli masjid, berkat dokumen yang disediakan oleh Konservasi Ohrid dari Institut dan Museum Warisan Budaya.

Masjid bersejarah itu terletak di dalam Bazaar Tua Ohrid yang populer. Itu dibangun di atas perintah Sulejman Pasha. Ia kemudian dinamai Wazawa Beograd Ali Pasha, yang memulihkannya pada tahun 1823.

Bangunan itu awalnya terdiri dari dinding-dinding batu dan sebuah kubah yang dibangun di atas struktur persegi sementara area shalat tiga kubah kemudian ditambahkan ke masjid. (T/R11/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)