Turki Siap Berikan Pengobatan Bagi Warga Palestina

Ankara, MINA – Menteri Kesehatan Turki Ahmet Demircan pada Selasa (15/5) mengatakan, yang terluka dalam serangan pasukan keamanan pada aksi anti-pendudukan di Gaza akan mendapatkan perawatan di Turki.

“Pertama, kami akan menerima luka dari Gaza di Ankara. Kami sudah menyiapkan rumah sakit kami sesuai dengan kondisi korban,” kata Demircan kepada Anadolu Agency di Ankara.

Dia mengatakan, Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Otoritas Manajemen Darurat (AFAD) dan militer Turki dalam hal ini.

“Semua persiapan untuk membangun koridor udara mengirim korban yang terluka dari Gaza ke Turki telah dilakukan,” tambah dia.

Demircan mengatakan, mereka akan membawa warga Gaza yang cedera untuk mendapatkan perawatan medis setelah pihak Palestina siap.

Dia menambahkan, warga Palestina yang mengalami luka berat akan diprioritaskan. “Korban yang luka berada dalam risiko besar karena kekurangan obat dan persediaan perawatan,” ujar Demircan.

Ribuan warga Palestina berkumpul di perbatasan timur Jalur Gaza sejak Senin untuk berpartisipasi dalam aksi unjuk rasa damai memperingati peristiwa Nakba dan memprotes pemindahan Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Menurut Kementerian Kesehatan Palestina, jumlah warga Palestina yang tewas akibat tembakan Israel pada Senin telah mencapai 61 orang. (T/R03/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0