Turki Temukan Cadangan Gas 320 Miliar Kubik di Laut Hitam

Kapal pengeboran Turki Fatih telah beroperasi sejak akhir Juli 2020 di zona eksplorasi yang dikenal sebagai Tuna-1. (Foto: AA)

Istanbul, MINA – telah menemukan sumber daya yang signifikan di , sebuah penemuan yang akan membantu negara itu mengurangi ketergantungannya pada impor energi setelah gas tersebut diekstraksi secara komersial.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, yang telah mengisyaratkan “kabar baik” dalam pertemuan dengan para eksekutif energi pada hari Rabu (19/8), mengumumkan pada Jumat (21/8) bahwa kapal pengeboran Fatih mengenai gas alam di Laut Hitam dengan perkiraan cadangan awal 320 miliar meter kubik, demikian TRT World melaporkan.

Dari Istana Dolmabache yang ikonik di Istanbul, Erdogan mengatakan, Turki ingin mulai menggunakan cadangan gas pada 2023. Data menunjukkan kemungkinan kuat akan ditemukannya gas alam lainnya di Laut Hitam.

“Kami berharap melihat kabar baik serupa di Mediterania juga, kami akan mempercepat operasi kami di sana … dan melanjutkan kegiatan pengeboran kami,” katanya.

Kapal pengeboran Turki Fatih telah beroperasi sejak akhir Juli di zona eksplorasi yang dikenal sebagai Tuna-1, sekitar 100 mil laut di utara pantai Turki di Laut Hitam bagian barat. (T/RI-1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.