Turki Tidak Terima AS Abaikan Proses Hukum

Ankara, MINA – Juru bicara kepresidenan mengecam (AS) karena mengabaikan proses hukum kasus pastor asal Amerika yang menghadapi tuduhan terkait terorisme.

Lewat sebuah pernyataan tertulis yang dirilis Rabu (22/8), Ibrahim Kalin mengatakan, pihaknya mempunyai aturan hukum sendiri, dan ada proses hukum yang sedang berlangsung terkait dengan Andrew Brunson.

“Kami tidak terima AS mengabaikan proses hukum dengan membuat tuntutan-tuntutan tertentu,” tegas jubir presiden itu, demikian Anadolu Agency melaporkan dikutip MINA.

Pernyataan Kalin muncul setelah Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton mengatakan, Turki membuat “kesalahan besar” karena tidak bersedia membebaskan Brunson.

Hubungan Turki dan AS memanas setelah Washington memberlakukan sanksi kepada dua menteri Turki karena tidak melepaskan Pastor Andrew Brunson yang diduga terlibat aktivitas terorisme di Turki.

Pada 10 Agustus, Trump meningkatkan serangannya ke Turki dengan menggandakan tarif impor atas aluminium dan baja Turki.

Sebagai balasan, Turki pun menaikkan tarif untuk beberapa produk buatan AS, termasuk alkohol, tembakau, kosmetik, dan mobil. (T/R03/RS3)

Miraj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.