Turki Umumkan Rencana Bangun 320 Unit Rumah di Gaza

(Foto: Wolrdbulletin)
(Foto: Worldbulletin)

Istambul, 14 Jumadil Akhir 1437/23 Maret 2016 (MINA) – Badan Kerjasama dan Koordinasi Turki (TIKA) mengumumkan rencana akan membangun 320 unit rumah untuk warga Palestina yang terkena dampak serangan militer Israel terhadap Jalur Gaza pada 2014 lalu.

Perwakilan TIKA, Bulent Korkmaz mengatakan Rabu (23/3), proyek itu diperkirakan akan menghabiskan dana $ 13 juta dolar AS yang akan mencakup pembangunan 20 bangunan, Worldbulletin dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan.

“Proyek ini, hanya satu dari 400 proyek TIKA yang sedang dilakukan di wilayah Palestina. Kami akan melanjutkan bantuan kemanusiaan untuk Jalur Gaza dengan segala cara yang mungkin bisa dilakukan,” katanya pada upacara penandatanganan proyek itu.

TIKA didirikan pada 1992 silam, dan dikelola secara langsung oleh Turki yang bertanggung jawab untuk melaksanakan kebijakan kerjasama pembangunan Turki di luar negeri.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum Palestina Mufeed al-Hasanah, mengucapkan terima kasih atas bantuan Turki kepada Palestina.

“Pembangunan unit rumah ini dalam konteks dukungan berkelanjutan Turki untuk Jalur Gaza dan penolakan Turki terhadap blokade Israel di Gaza,” katanya pada upacara tersebut.

Pada pertengahan 2014 lalu, Israel melancarkan serangan militer 51 hari terhadap Jalur Gaza yang dikuasai Hamas, seolah-olah sebagai balasan atas roket yang ditembakkan dari Gaza ke Israel.

Lebih dari 2.300 warga Palestina tewas, 11 ribu lainnya terluka akibat serangan tersebut yang juga menyebabkan kerusakan material di seluruh wilayah yang diblokade. (T/P011/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)