Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Turkiye Blokir Armada Kebebasan yang Akan Berlayar ke Gaza

Nur Hadis Editor : Rudi Hendrik - Selasa, 6 Agustus 2024 - 09:30 WIB

Selasa, 6 Agustus 2024 - 09:30 WIB

59 Views

Kapal Akdeniz, salah satu dari tiga kapal yang akan menembus blokade Gaza sudah siap berlayar. (Photo: Nurhadis/MINA)

Istanbul, MINA – Pihak berwenang Turkiye memblokir Armada Kebebasan (Freedom Flotilla) baru yang membawa bantuan mendesak dan penyelamatan nyawa ke Gaza dalam upaya untuk mematahkan pengepungan Israel di Jalur Gaza, agar tidak berangkat dari Istanbul, menurut laporan penyelenggara sebagaimana dikutip dari Anadolu, Selasa (6/8).

Koalisi Armada Kebebasan yang terdiri dari berbagai kelompok kemanusiaan pro-Palestina, mengeluarkan pernyataan pada Sabtu (3/8) yang mengumumkan bahwa mereka telah menunggu persetujuan dari otoritas pelabuhan Istanbul untuk berlayar.

“Sekarang menjadi jelas bahwa pemerintah Turkiye tidak akan memberikan izin,” kata pernyataan itu.

Koalisi menambahkan bahwa pemerintah Turkiye tidak memberikan “penjelasan apa pun” atas pencegahan armada tersebut untuk berlayar, tetapi menyalahkan “tekanan kuat dari Amerika Serikat, Inggris, dan mungkin negara-negara NATO lainnya yang sangat bersekutu dengan Israel.”

Baca Juga: Turki Gelar Perkemahan Khusus Media Peduli Palestina

Pada Mei 2010, enam kapal Freedom Flotilla I dicegat oleh angkatan laut Israel, dengan pasukan komando Israel menaiki kapal utama Turkiye, Mavi Marmara, melepaskan tembakan dan menewaskan sembilan aktivis.

Menurut Al-Monitor, upaya armada saat ini telah terhambat di tengah meningkatnya ketegangan antara Turkiye dan Israel setelah pembunuhan Kepala Biro Politik Hamas Palestina Ismail Haniyeh di Teheran pekan lalu.

Kementerian Luar Negeri Israel pekan lalu memanggil Wakil Duta besar Turkiye untuk ditegur setelah Kedutaan Besar Turkiye di Tel Aviv menurunkan benderanya menjadi setengah tiang sebagai tanggapan atas pembunuhan Haniyeh.

“Negara Israel tidak akan mentoleransi ungkapan duka cita untuk seorang ‘pembunuh’ seperti Ismail Haniyeh,” kata Menteri Luar Negeri Israel Katz dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Prancis Terus Kirim Senjata ke Israel Meski Dapat Kecaman

Haniyeh syahid di Teheran saat berada di sana untuk menghadiri pelantikan Presiden Iran Masoud Pezeshkian. Israel belum membuat klaim tanggung jawab resmi atas kematiannya, tetapi Iran dan sekutunya, termasuk Hamas dan Hizbullah Lebanon, menuduh Israel berada di balik pembunuhan itu dan bersumpah akan membalas dendam.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Turkiye Oncu Keceli, menanggapi pernyataan Katz di platform media sosial X, mengatakan: “Anda tidak dapat mencapai perdamaian dengan membunuh negosiator, mengancam diplomat,” yang tampaknya merujuk pada pembunuhan Haniyeh.

Ketegangan antara Israel dan Turkiye meningkat tajam sejak dimulainya operasi pengeboman Israel di Gaza, yang menewaskan hampir 40.000 warga Palestina dan lebih dari 90.000 orang terluka, sebagian besar anak-anak dan wanita. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Israel di Ambang Krisis Ekonomi Akibat Lonjakan Inflasi

Rekomendasi untuk Anda

Internasional
Internasional
Internasional
Kolom
Dunia Islam
Palestina