Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Turkiye Hadiri Pertemuan Liga Arab, Pertama Kalinya setelah 13 Tahun

sri astuti Editor : Rudi Hendrik - 6 jam yang lalu

6 jam yang lalu

9 Views

Delegasi dan menteri luar negeri negara-negara anggota berkumpul di markas besar Liga Arab di Kairo, Mesir, 7 Mei 2023. (Foto: dok. Press TV)

Kairo, MINA – Turkiye akan berpartisipasi dalam pertemuan Dewan Menteri Luar Negeri Liga Arab untuk pertama kalinya setelah 13 tahun, usai mendapat undangan dari organisasi tersebut.

Seorang sumber mengatakan, Turkiye bergabung dalam pertemuan Dewan ke-162 pada Selasa (10/9) di ibu kota Mesir, Kairo. Menteri Luar Negeri Turkiye Hakan Fidan akan menyampaikan sambutan saat sesi pembukaan, dengan fokus pada hubungan Turkiye-Liga Arab dan isu-isu regional, terutama situasi di Gaza. Anadolu Agency melaporkan.

Para pengamat mengatakan, undangan Turkiye merupakan hasil dari upaya normalisasi yang dipimpin oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan. Fidan memainkan peran penting dalam proses diplomatik tersebut secara tertutup selama masa jabatannya sebagai kepala Organisasi Intelijen Nasional Turkiye (MIT), yang membina hubungan dengan negara-negara Teluk.

Partisipasi Fidan baru-baru ini dalam pertemuan informal menteri luar negeri Uni Eropa, yang dikenal sebagai Gymnich, pada bulan Agustus setelah jeda selama lima tahun, dipandang sebagai cerminan pengaruh global dan regional Turkiye di bawah kepemimpinan Erdogan, dan upaya diplomatik jangka panjang Fidan.

Baca Juga: Bangladesh Beri Penghormatan Terakhir kepada Korban Kerusuhan Juli Lalu

Sumber itu juga mengatakan, undangan ke KTT Liga Arab ini menandakan berakhirnya “kampanye negatif” yang sebelumnya dilakukan Liga Arab terhadap Turkiye dan dimulainya periode baru kerja sama yang erat.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Dubes Saudi Hadiri Dialog terkait Potensi Normalisasi dengan Israel di Washington DC

Rekomendasi untuk Anda

Kolom
Dunia Islam
Palestina
Palestina
Dunia Islam
Khutbah Jumat
Palestina
MINA Health
Indonesia
MINA Health