Turkiye Siap Berkontribusi Akhiri Perang Rusia-Ukraina lewat Diplomasi

Ankara, MINA – Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan mengatakan, Pemerintah Ankara siap berkontribusi untuk mengakhiri perang Rusia-Ukraina melalui diplomasi, dan mengundang kedua pemimpin untuk bertemu di Türkiye.

“Saya menyatakan bahwa kami akan terus berkontribusi pada solusi perang melalui diplomasi dan negosiasi,” kata Erdogan, Anadolu Agency melaporkan.

“Seperti yang saya katakan kepada (Presiden Rusia Vladimir) Putin selama kunjungan saya ke Sochi, saya mengingatkan (Presiden Ukraina Volodymyr) Zelenskyy bahwa kami dapat menjadi tuan rumah pertemuan di antara mereka,” kata Erdogan kepada wartawan di pesawat kepresidenan setelah kunjungan satu hari kerja ke Ukraina.

Erdogan, Zelenskyy, dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres berkumpul di kota Lviv, Ukraina, guna membahas langkah-langkah untuk mengakhiri perang Ukraina-Rusia melalui cara-cara diplomatik, dan mempertahankan mekanisme yang baru-baru ini dibentuk untuk ekspor gandum Ukraina ke pasar dunia.

Erdogan mengatakan, Türkiye, Ukraina, dan PBB membahas langkah-langkah yang dapat diambil untuk ekspor gandum Ukraina, dan meminta masyarakat internasional memikul tanggung jawab untuk menghidupkan kembali proses diplomatik.

Türkiye, PBB, Rusia, dan Ukraina menandatangani kesepakatan di Istanbul pada 22 Juli untuk membuka kembali tiga pelabuhan Laut Hitam Ukraina untuk mengekspor gandum Ukraina yang macet akibat perang, yang sekarang memasuki bulan keenam. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)