Türkiye Umumkan Hari Berkabung Nasional Wafatnya Presiden Iran

Presiden Türkiye, Recep Tayyip Erdogan.(Foto: Anadolu Agency)

Istanbul, MINA – Türkiye mengumumkan akan memperingati hari berkabung nasional atas wafatnya Presiden Iran, Ebrahim Raisi.

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden Türkiye Recep Tayyip Erdogan setelah mendiang rekannya wafat dalam kecelakaan helikopter pada Ahad (19/5).

“Kami telah memutuskan untuk mendeklarasikan satu hari berkabung nasional atas meninggalnya Presiden Raisi,” kata Erdogan usai rapat Kabinet di komplek kepresidenan di ibu kota Ankara sebagaimana dikutip dari Anadolu Agency, Selasa,(21/5).

Erdogan juga menekankan peran Türkiye dalam upaya pencarian setelah jatuhnya helikopter yang membawa mendiang presiden Iran tersebut.

“UAV Bayraktar Akinci melakukan aktivitas pencarian dan pemindaian selama 7,5 jam di wilayah tersebut meskipun kondisi cuaca buruk dan terbang sejauh total 2.100 kilometer (1.305 mil),” tambahnya, mengacu pada kendaraan udara tak berawak yang diproduksi di dalam negeri Türkiye.

Baca Juga:  Ucapkan Selamat Idul Adha, Putin: Muslim Rusia Banyak Kebaikan

Setelah helikopter Raisi jatuh, Kementerian Pertahanan Nasional Türkiye menugaskan UAV Akinci dan helikopter tipe Cougar dengan kemampuan penglihatan malam untuk membantu kegiatan pencarian.

Saat itu, Presiden Raisi sedang dalam perjalanan kembali usai menghadiri upacara peresmian bendungan di perbatasan Iran-Azerbaijan pada Ahad sore ketika kecelakaan itu terjadi, menurut lembaga penyiaran pemerintah Iran.

Kecelakaan tersebut juga mengakibatkan wafatnya Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian, serta Malik Rahmeti, gubernur provinsi Azerbaijan Timur, dan Imam Ayatollah Ali Hashim dari provinsi Tabriz.[]

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Rana Setiawan