Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Turuti Kemenag, Kominfo Mohon TV Tiadakan Azan Magrib Saat Misa Paus

kurnia Editor : Rudi Hendrik - Rabu, 4 September 2024 - 09:16 WIB

Rabu, 4 September 2024 - 09:16 WIB

40 Views ㅤ

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyambut Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Paus Fransiskus di Jakarta, Selasa 3 September 2024. (Foto: Kemenag)

Jakarta, MINA – Menuruti permintaan Kementerian Agama RI, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika telah mengeluarkan surat permohonan terkait peniadaan siaran azan magrib saat misa bersama Paus Fransiskus.

Hal ini juga berdasarkan surat Panitia Kunjungan Paus Fransiskus Nomor 350/PAN-EXTKP/VIII/2024 (terlampir) tanggal Jumat, 9 Agustus 2024.

“Kementerian Agama menyarankan agar misa yang dipimpin oleh Paus Fransiskus pada tanggal 5 September 2024 pada pukul 17.00 s.d. 19.00 WIB disiarkan secara langsung dengan tidak terputus pada seluruh televisi nasional,” demikian pernyataan dari Ditjen Bimas Islam dan Katolik Kemenag, dikutip Selasa (3/9).

Sementara itu, menurut Kemenag, misa dilakukan di antara pukul 17.00 s.d. 19.00  WIB di saat azan maghrib juga disiarkan. Karena permintaan tersebut, imbauan running text dikeluarkan kepada pihak pertelevisian sebagai ganti siaran kumandang azan.

Baca Juga: Gunung Marapi Sumbar Erupsi, Tinggi Abu Capai 300 Meter

“Sehubungan dengan hal tersebut, mohon kiranya penyiaran azan magrib dapat dilakukan dengan running text,” kata Kemenag.

Untuk penerapan ini, Kemenag kemudian menyurati Kominfo untuk mengimplementasikannya.

“Teknis penayangan siaran kedua momen tersebut diserahkan sepenuhnya kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama dengan Pool TV,” kata surat tersebut.

Sementara Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan,  kunjungan Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Paus Fransiskus harus dimaknai sebagai keinginan untuk membangun perdamaian antarumat beragama.

Baca Juga: Erick Tohir Ancam Sanksi Berat Pengatur Skor di PON Aceh-Sumut

Maka dari itu, Menag mengajak masyarakat Indonesia untuk dapat menunjukkan persatuan dan kesatuan, sikap saling memahami, dan saling pengertian. “Kami berharap beliau menyaksikan bagaimana keberagaman di Indonesia itu bisa terpelihara dengan baik,” ujar Yaqut di Jakarta, Selasa.

Pernyataan Menag itu disampaikan saat menyambut kedatangan Paus Fransiskus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Pesawat yang membawa Paus Fransiskus mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa, pukul 11:26 WIB.

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Libur Panjang, Jalur Puncak Macet Parah

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Haji 1445 H
Palestina
MINA Preneur
Palestina