UAE Sumbangkan 718 Miliar Rupiah ke Interpol

Sekjen Jurgen Stock. (Foto: Kicknews Today)

 

Abu Dhabi, 29 Jumadil Akhir 1438/28 Maret 2017 (MINA) – baru-baru ini mengumumkan pihaknya menyumbangkan $ 54 juta (sekitar 718 miliar rupiah) ke Interpol Foundation, menyusul persiapan negara itu menjadi tuan rumah konferensi keamanan global.

Sumbangan itu untuk mendanai tujuh proyek Interpol yang meliputi kontra-terorisme, kejahatan siber dan obat terlarang, demikian Ahram Online melaporkannya.

“Kemurahan hati kontribusi akan memiliki dampak yang signifikan pada penguatan kerja penegak hukum di seluruh dunia,” kata Sekjen Interpol Jurgen Stock dalam sebuah pernyataan.

Informasi itu datang menyusul UEA menyelenggarakan forum Keamanan Internasional di Abu Dhabi 28-30 Maret 2017. Konferensi ini merupakan upaya pertama atas kerja sama UEA bersama organisasi polisi antar pemerintah Interpol.

UEA pada Mei lalu mengumumkan telah menandatangani perjanjian kesepahaman dengan Yayasan Interpol untuk mendirikan kantor Markas Biro Dunia lembaga keamanan internasional itu di Abu Dhabi.

Yayasan Interpol untuk Dunia Aman didirikan pada 2013 di Jenewa, di mana tugasnya mendukung pekerjaan Interpol sambil tetap mendukung “secara hukum dan independen”, tulis Lembaga itu dalam laman resminya.

Yayasan yang tahun lalu menerima hampir 11 juta dolar AS (10 juta euro) dana sumbangan, telah menjanjikan mendanai Interpol $ 54 juta dolar AS antara tahun 2016 dan 2020.

Negara kaya minyak UEA merupakan sekutu regional utama dalam perjuangan koalisi pimpinan AS terhadap kelompok di Irak dan .

Negara Teluk itu pada 2014 memberlakukan undang-undang yang memungkinkan pengadilan menetapkan hukuman mati bagi orang yang terlibat dengan grup yang disebut .

Negara tersebut menetapkan 83 organisasi sebagai kelompok teroris, termasuk Al-Qaeda, ISIS, dan Ikhwanul Muslimin di Mesir.(T/RE1/R01)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.