UAR Pringsewu Lampung Galang Dana Untuk Gempa Sulawesi Barat

Pringsewu, Lampung, MINA – Sebagai wujud kepedulian terhadap sesama, Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) Kabupaten Pringsewu melakukan penggalangan dana kemanusiaan atau peduli gempa yang terjadi di Majene dan Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

Penggalangan dana dilakukan di Pringkumpul Kelurahan Pringsewu Selatan Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu, pada Selasa (19/1). Sebanyak 12 relawan UAR Pringsewu diterjunkan dalam aksi ini dengan berkeliling door to door rumah warga maupun di pinggir jalan.

“Aksi penggalangan dana ini diharapkan dapat membantu meringankan beban korban gempa di Sulbar. Dari penggalangan dana ini kami mengharapkan sumbangan dari pengendara maupun warga,” ujar Ketua UAR Kabupaten Pringsewu, Faturohman.

Dia mengungkapkan, aksi peduli yang dilakukan dengan penggalangan dana ini murni panggilan kemanusian untuk sesama membantu dan meringankan beban masyarakat. “Hasil dari penggalangan dana akan disalurkan langsung ke Sulbar,” ujarnya.

Sementara, Ketua UAR Lampung, Sulaiman Abdullah kepada MINA mengatakan penggalangan dana ini tidak hanya diadakan di Pringsewu saja namun di beberapa kabupaten se-Provinsi Lampung.

“Kabupaten lain juga kita minta untuk bergerak menggalang dana, karena apa yang dirasakan saudara kita di Sulawesi Barat tentu kita perlu merasakan hal yang sama sebagai wujud ukhuwah, baik ukhuwah Islamiyah maupun wathaniyah,” katanya.

Sulaiman juga menekankan kepada seluruh Pengurus UAR untuk bergerak menggalang dana, namun juga menekankan agar proses penggalangan dana tetap mematuhi protocol kesehatan.

“Semua bergerak, Kita yakin kalau kita menolong sesama, Allah akan menjaga kita namun, tentu sebagai ikhtiar tetap patuhi protokol kesehatan, gunakan masker, cuci tangan, jaga kesehatan, dan tetap berdoa kepada Allah,” ujarnya.

Menurut Sulaiman, penggalangan dana ini dilakukan oleh UAR seluruh Indonesia, tidak hanya di Lampung.

“Hasil penggalangan dana ini nantinya akan dikumpulkan di UAR pusat dan akan disalurkan langsung kepada korban gempa di Sulawesi Barat oleh tim Rescue UAR yang sudah berada di lokasi bencana,” ungkapnya.

Pada beberapa bencana yang terjadi di Indonesia pada awal tahun 2021, mulai dari jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182, Longsor Sumedang Jawa Barat, Gempa di Sulawesi Barat, UAR mengirimkan relawan untuk terlibat langsung dalam proses pencarian dan pertolongan.

Seperti diketahui, bencana gempa bumi magnitudo 6,2 SR terjadi di Majene, Sulawesi Barat pada Jum’at, (15/1/2021) dini hari pukul 02.28 WITA, yang menimbulkan sejumlah korban jiwa dan harta benda.(L/ar/B03)

Mi’raj News Agency (MINA).