Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

UAR Pusat akan Gelar Latihan Urban SAR

kurnia Editor : Arif R - Ahad, 4 Agustus 2024 - 13:32 WIB

Ahad, 4 Agustus 2024 - 13:32 WIB

83 Views ㅤ

Bogor, MINA – Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) bekerjasama Jakarta Rescue akan menyelenggarakan pelatihan Urban Search and Rescue (USAR) di Citeko, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Sabtu hingga Ahad (11/8) mendatang. Para calon peserta pelatihan sudah dapat melakukan pendaftaran mulai dari sekarang.

Ketua Yayasan Ukhuwah Al-Fatah Rescue Endang Sudrajat mengatakan, pelatihan selama dua hari di bulan Agustus dalam rangka meningkatkan kualitas SDM UAR juga menyeleksi calon peserta, pelatihan kedua di bulan September akan datang.

“Tujuannya pelatihan Urban SAR, melatih para peserta dalam teknik dan keterampilan mencari, menyelamatkan, dan memberikan bantuan di daerah perkotaan yang terkena bencana,” kata Endang dalam keterangan tertulis di Jakarta, Ahad (4/8).

Dia menjelaskan, pelatihan penggunaan alat-alat khusus dan teknik operasional dalam situasi darurat seperti kebakaran, gempa bumi, dan bencana lainnya.

Baca Juga: Cuaca Jakarta Kamis Ini Mayoritas Berawan

“Jumlah peserta dibatasi setiap angkatan 40 orang, karena kapasitas Pusdiklat Jakarta Rescue hanya bisa menampung 40 orang per sesi,” kata Endang Sudrajat.

Selama dua hari peserta mendapatkan materi, Pengantar Urban SAR, Sistem Komando Insiden untuk koordinasi tim dan operasi penyelamatan, Teknik pengeboran untuk akses penyelamatan, Teknik pengeboran dan pembuatan lubang untuk penyelamatan,

Teknik pemotongan material untuk akses penyelamatan, Teknik penopangan struktur untuk mencegah runtuhnya bangunan, Teknik penanganan dan penyelamatan dalam kebakaran, dan Teknik penyelamatan dan pencarian korban dalam bencana gempa.

“Pelatihan ini mencakup penggunaan drone untuk operasi di lokasi bencana. Peserta dilatih pengoperasian drone  pemetaan, pencarian korban, dan pengawasan situasi bencana,” imbuh Endang Sudrajat.

Baca Juga: Anies: Mahasiswa Harus Berani Sampaikan Pendapat, Meski Lawan Arus

Peserta akan bimbingan dan dilatih para instruktur Jakarta Rescue dan Perancis.

“Setelah itu dalam bulan September juga akan datang mentor dari Jepang dan Amerika,” kata Ketua Jakarta Rescue, Dr. Hadianto, saat rapat persiapan pelatihan USAR Jumat malam (2/8).

Ketua Umum Ukhuwah Al-Fatah Rescue H Endang Sudrajat berharap setiap Korwil segera menyiapkan calon peserta sesuai dengan kriteria yang ditentukan dan menyiapkan anggaran untuk transportasi dan konsumsi bagi utusan masing-masing.

“Peserta yang mengikuti pelatihan akan mendapatkan sertifikat dan kami minta semua peserta dapat memahami pengenalan peralatan USAR dan cara penggunaannya, sistem komando insiden, serta penggunaan drone di lokasi bencana,” tegas Endang Sudrajat.

Baca Juga: Dompet Dhuafa Gandeng Titimangsa, Suguhkan Teater Musikal tentang Palestina

Para peserta yang diutus dari Korwil masing-masing agar sampai di lokasi pelatihan Jum’at sore (9/8) dengan membawa perbekalan yang diperlukan seperti matras, sleeping bags, alat sholat dan mandi.

“Jangan lupa bawa surat tugas dari Korwil masing-masing ” tambah sekretaris UAR M. Ayub.

Kegiatan tersebut akan diikuti peserta dari Korwil Jabodetabek-Banten, Korwil Jawa Barat, Korwil Markas Cileungsi, Korwil Jawa Barat, Korwil Lampung, Korwil Banyumas Raya, Korwil Jawa Tengah Utara, Korwil Jawa Tengah Selatan dan Korwil Jawa Timur.

Bagi para dermawan yang akan turut menguatkan biaya pelatihan dipersilakan transfer ke Rekening BRI : 032001001303562 a.n. Yayasan Ukhuwah Al-Fatah Rescue, dan konfirmasi kepada Rohyadi (Bendahara Umum UAR): 08129680748.

Baca Juga: Imbas Gempa Garut-Bandung, 14 Perjalanan Kereta Whoosh Dibatalkan

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Kolom
Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) Korwil Lampung menerjunkan 25 Personil membantu korban banjir bandang di Pematang Awi, Sukajaya Punduh, Marga Punduh, Pesawaran, Lampung. (Photo: Yusuf Bin Saepudin/MINA)
Indonesia
Indonesia
MINA Preneur
MINA Health
MINA Health