Ucapkan Selamat Idul Fitri 2023, Presiden AS Joe Biden Terkesan Dengan Zakat Fitrah

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.(Foto: Istimewa)

Washington DC, MINA – Presiden (AS) memberikan ucapan selamat kepada warga Muslim dunia atas tibanya  2023.

Dia pun mengaku dirinya terkesan dengan bagaimana umat Muslim merayakan Idul Fitri dan melakukan zakat fitrah.

“Jill dan saya menyampaikan ucapan selamat kepada komunitas Muslim di Serikat dan di seluruh dunia, saat umat Muslim merayakan Idul Fitri dan mengakhiri bulan suci Ramadhan,” ucap Biden, dalam pertanyaan resmi Gedung Putih yang disampaikan Kedubes AS di Jakarta kepada MINA, Jumat (21/4).

Sejumlah besar negara termasuk Arab Saudi, telah merayakan Idul Fitri 2023 pada Jumat 21 April 2023, sementara negara lainnya menandai hari pertama Bulan Syawal 1444H pada Sabtu 22 April.

Sementara Hari Raya Idulfitri di AS dirayakan pada hari ini Jumat (21/4/2023).

Biden menyampaikan, dengan penampakan bulan sabit, Idul Fitri merupakan perayaan meriah di mana umat Islam berhari raya setelah berpuasa di bulan suci, menghiasi rumah mereka, memberikan hadiah kepada orang yang dicintai, mengenakan pakaian baru, dan mengunjungi keluarga serta handai tolan.

“Saya tergerak oleh kedermawanan yang ditunjukkan oleh keluarga-keluarga yang menyediakan makanan dan bersedekah untuk mereka yang membutuhkan dengan membayar Zakat Fitrah,” ungkap Presiden AS Biden.

Dia juga menekankan, Idul Fitri menandai berakhirnya bulan suci yang didedikasikan untuk pengabdian, amal, dan refleksi — saat di mana kita juga mengingat komunitas Muslim di seluruh dunia yang mengalami konflik, kemiskinan, kelaparan, dan penyakit, dan mereka yang terlantar dari rumah mereka.

Biden menyampaikan, saat kita merayakan Idul Fitri yang diberkahi ini, mari kita juga berkomitmen kembali pada pekerjaan tanpa batas waktu untuk membangun perdamaian dan membela hak serta martabat semua orang.

“Pemerintahan saya juga berkomitmen untuk menangani segala bentuk kebencian, termasuk Islamofobia. Inilah mengapa saya membentuk gugus tugas antarlembaga dengan pejabat senior pemerintah untuk menangani hal ini dan tantangan terkait serta mendorong setiap orang Amerika untuk membangun negara yang lebih inklusif,” ujarnya.

Biden juga merasa bangga kembali merayakan Idul Fitri di Gedung Putih tahun ini untuk menghormati umat Muslim Amerika yang menginspirasi dan memberikan kontribusi di seluruh negeri kami.

Mereka bekerja di laboratorium atau di pabrik, bekerja untuk menciptakan dan membuat teknologi canggih juga prakarsa-prakarsa untuk membangun masa depan yang dibuat di Amerika.

“Ada yang menjadi seniman dan perawat, menambah mozaik indah kreativitas dan kasih sayang bangsa kami. Mereka menjadi guru dan petugas pemadam kebakaran serta anggota komunitas, memelopori upaya untuk membangun pemahaman dan persatuan yang lebih besar di seluruh negara kami,” kata Biden.

Ada juga atlet, jurnalis, komedian, akademisi, anggota militer kami yang membanggakan —dan begitu banyak bagian lain yang membentuk Amerika.

“Untuk semua yang merayakan, Jill dan saya mengucapkan Selamat Idul Fitri kepada Anda dan orang yang Anda cintai. Eid Mubarak!,” pungkasnya.(L/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.